Cara Menyeduh Teh yang Benar
Cara Menyeduh Teh yang Benar

Ingin teh yang ENDEUSiast seduh lebih nikmat dari biasanya? Yuk simak cara menyeduh teh yang benar.

Teh merupakan jenis minuman yang sering diminum dalam kehidupan sehari-hari ataupun saat acara khusus, misalnya perayaan tahun baru. Teh termasuk minuman yang dapat menenangkan pikiran sehingga sering diminum. Sebagian besar menganggap menyeduh teh merupakan hal yang mudah. Akan tetapi untuk menghasilkan teh yang lebih nikmat dari biasanya, ENDEUSiast bisa mengikuti tips berikut ini.

1/ Menggunakan Air yang Segar

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk memanaskan air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuat minuman. Hal ini dilakukan supaya membuat minuman lebih cepat, karena tidak perlu menunggu air sampai mendidih terlebih dahulu. Meskipun praktis dan lebih cepat, hal ini sangat tidak disarankan. Sebaiknya untuk mendapatkan teh dengan rasa yang segar ENDEUSiast harus menggunakan air yang segar pula atau yang tidak direbus berulang kali.

Ketika air dipanaskan maka beberapa kandungan mineral pada air akan menguap sehingga kandungan mineral air berkurang. Oleh sebab itu, semakin sering air dipanaskan maka semakin sedikit kandungan mineral yang ada. Selain membuat teh menjadi lebih segar, menggunakan air yang masih segar dapat mencegah teko ENDEUSiast berkerak.

2/ Kadar Teh yang Diinginkan

Untuk menghasilkan minuman teh yang nikmat, tentunya ENDEUSiast harus memperhatikan jumlah teh yang dibuat. Jika ENDEUSiast menyukai teh dalam bentuk daun maka sebaiknya ENDEUSiast menggunakan takaran satu sendok teh untuk satu orang. Jika ingin membuat teh untuk 4 orang maka ENDEUSiast cukup menggunakan 4 sendok teh.

Kalau ENDEUSiast suka menyeduh teh dalam bentuk teh kantong, maka ENDEUSiast bisa menggunakan satu kantong untuk membuat teh bagi 2-3 orang. Selain menghemat pengeluaran ENDEUSiast, takaran yang tepat dalam menggunakan daun teh dan kantong teh dapat membuat teh ENDEUSiast tidak terlalu kuat dan tidak menghilangkan rasa alami teh.

3/ Perhatikan Jenis dan Temperatur Air untuk Menyeduh

Ada banyak jenis teh yang dijual di pasaran. Berdasarkan warnanya, teh dibedakan menjadi teh hijau, teh hitam dan teh putih. Setiap jenis teh memiliki aturan panas air yang digunakan untuk menyeduhnya. Air yang terlalu panas dapat menghancurkan daun teh dan membuat rasa teh kurang optimal.

Teh putih memerlukan air dengan suhu 65°-75°C. Teh hijau membutuhkan suhu yang lebih panas, yaitu 75°-85°C. Teh hitam membutuhkan suhu yang paling tinggi untuk menyeduhnya. Suhu yang sarankan untuk diseduh pada air panas bersuhu 85°-95°C.

4/ Perhatikan Waktu Mengangkat Daun atau Kantong Teh

Merendam daun teh atau kantong teh ke dalam air panas juga ada aturannya. Sebaiknya ENDEUSiast merendam daun dan kantong teh selama 3 menit. Jangan terlalu lama merendam kantong daun teh, karena jika terlalu lama direndam akan menghasilkan teh yang sangat pekat dan rasanya terlalu kuat.

Endeustorial

Ikuti Instagram