Cara Menyajikan Menu Makanan Sehat untuk Sarapan
Cara Menyajikan Menu Makanan Sehat untuk Sarapan

Ikuti cara berikut ini untuk menyajikan sajian sehat untuk sarapan. Sudah tahu?

Makanan untuk sarapan haruslah menu makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Makan makanan sehat ketika sarapan ternyata bisa meningkatkan mood untuk beraktivitas seharian. Faktanya banyak orang yang tidak terlalu memusingkan makanan untuk sarapan atau bahkan melewatkan sarapan. Agar ENDEUSiast bisa menjalani hari dengan mood yang baik, berikut ini beberapa cara menyajikan menu makanan sehat untuk sarapan.

1/ Pilih Karbohidrat Kompleks

Sebagian besar orang berpikir bila sarapan yang baik adalah yang mengandung karbohidrat seperti roti, sereal, atau nasi. Padahal mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat ketika sarapan akan membuat tubuh cepat merasa lapar karena sejatinya karbohidrat adalah makanan yang mudah dicerna.

Meskipun konsumsi karbohidrat berlebihan tidak disarankan,ENDEUSiast bisa memilih jenis karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna oleh tubuh. Karbohidrat ini terdiri dari gandum utuh, sayuran, buah-buahan, oatmeal, quinoa, dan sebagainya. Karbohidrat kompleks ini lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat kenyang lebih lama.

2/ Tambahkan Lemak Sehat Dan Protein

Protein dan lemak sehat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Sarapan tanpa protein dan lemak yang sehat juga akan membuat ENDEUSiast lebih cepat lapar dan susah berkonsentrasi. ENDEUSiast bisa memilih protein dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, telur, plain yogurt, dan sebagainya.

3/ Lengkapi Nutrisi yang Lain

Salah satu kunci sarapan yang sehat adalah nutrisi yang lengkap. Selain karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi lain seperti vitamin B1, zat besi, vitamin B9, dan sebagainya. Asupan mikronutrien ini membantu meningkatkan kinerja otak, mengurangi rasa ngantuk, mencegah depresi, dan sebagainya. ENDEUSiast bisa melengkapi mikronutrien yang lain dari aneka macam sayuran hijau, biji-bijian, kismis, telur, dan kacang-kacangan.

4/ Menu Sarapan Tidak Perlu Ribet

Menyusun menu makanan untuk sarapan sehat memang terlihat ribet. Namun sebenarnya makanan sarapan tidak perlu rumit. Yang terpenting adalah menu makanan sarapan sudah mengandung gizi yang seimbang seperti karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein, dan mikronutrien yang lain. Contoh menu makanan sehat untuk sarapan adalah roti gandum panggang dengan setengah alpukat dan telur goreng. Menu lain yang lebih simpel adalah oatmeal yang dicampur dengan blueberry, pisang, kacang kenari, dan flaxseed.

5/ Hindari Makanan Kemasan

Makanan kemasan memang sangat praktis, namun sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan. Hal ini karena makanan kemasan mengandung banyak bahan pengawet dan zat aditif yang akan membuat ENDEUSiast ingin makan terus dan terus. Sebisa mungkin konsumsi makanan alami atau whole food yang mengandung nutrisi sebagai menu sarapan sehat.

Endeustorial

Ikuti Instagram