Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Pare merupakan jenis buah dengan rasa pahit yang membuat banyak orang menghindarinya. Simak cara mengolah berikut agar bebas dari rasa pahit.

Apakah ENDEUSiast menyukai pare? Pare memiliki bentuk layaknya mentimun namun dengan tekstur kasar. Buah ini merupakan makanan dengan rasa yang pahit dan meskipun memiliki penggemarnya sendiri, beberapa orang tidak menyukai pare karena hal tersebut. Padahal sebenarnya, setelah dimasak dengan benar, rasa pahit yang ada dalam pare bisa memudar bahkan menghilang dan menjadi sayuran lezat. Bagaimana caranya ya?

Apa itu pare?

Pare secara teknis adalah buah , bukan sayuran. Nama ilmiahnya adalah momordica charantia, tetapi ia juga menggunakan nama labu pahit. Ia dikenal di Barat sebagai bitter melon, dinegara lain ia memiliki sebutannya sendiri.

Bentuknya mirip mentimun dan berwarna hijau namun kulitnya tidak halus, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih. Baunya juga lumayan tajam. Meskipun berasal dari Asia, sekarang pare banyak dibudidayakan di Afrika dan Karibia.

Cara Memasak Pare Tidak Pahit

Langkah pertama dalam memasak pare adalah menghilangkan kepahitannya. Cuci pare sampai bersih. Belah menjadi dua, hilangkan bijinya dengan sendok dan iris menjadi potongan-potongan sesuai keinginan. Misalnya seperti bulan separuh atau bulat tebal.

Masukkan pare ke dalam garam dan diamkan selama 30 hingga 45 menit. Merendamnya dengan garam bertujuan untuk membantu mengeluarkan rasa pahit dan cairan berlebih di dalamnya. Setelah 15 menit, bilas pare sampai dirasa cukup. Pare siap digunakan.

Selain cara di atas, cara kedua adalah langsung menaruh garam di pare, lalu remas-remas hingga pare layu. Kemudian cuci bersih. Selain garam, menghilangkan pahit pada pare bisa menggunakan gula. Caranya juga sama seperti tadi.

Merebus pare dengan campuran garam, gula, dan cuka juga bisa digunakan. Cukup dengan secangkir cuka, 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula, ENDEUSiast bisa merebus pare selama 2 menit dan pare siap diolah.

Telur kocok juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pare. Ia mampu menetralisir rasa pahit pada makanan.

Mengolah Pare

Ada banyak cara mengolah pare, ENDEUSiast bisa mengukus atau menggoreng layaknya menggunakan zucchini. Beberapa koki restoran sengaja membiarkannya utuh dan melubanginya seperti labu.

Menurut para ahli masak, kepahitan pare membuatnya sangat cocok untuk masakan dengan cabai dan lemak atau dalam kari pedas. ENDEUSiast bisa mencoba resep pare isi kuah santan sebagai contohnya.

Makanan dengan pare yang paling terkenal di Indonesia adalah siomay . Ia terdiri dari bermacam jenis dan salah satunya menggunakan pare. Untuk membuatnya awet, seperti yang ENDEUSiast lakukan pada mentimun, simpan pare di kulkas di tempat sayuran.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.