Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mengolah daging kambing harus teliti agar daging empuk dan tidak berbau prengus. Ikuti beberapa tahapan berikut agar tak salah mengolahnya.

Salah satu jenis daging yang juga banyak dikonsumsi di Indonesia adalah daging kambing. Terlebih ketika hari Raya Idul Adha, stok daging kambing semakin banyak. Memasak daging kambing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memasak daging sapi, hanya saja daging kambing cenderung lebih berbau dan lebih alot. Agar daging kambing bisa lebih empuk dan juga tidak berbau prengus, ENDEUSiast bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

1/ Buang Lemak Daging

Salah satu faktor yang membuat daging kambing menjadi bau prengus adalah lemak daging. ENDEUSiast bisa membuang lemak pada daging kambing dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah, ENDEUSiast bisa membekukan daging hingga setengah beku atau lapisan lemak membeku. Setelah itu, ENDEUSiast bisa mengiris lemak daging dengan lebih mudah.

2/ Jangan Cuci Daging

Normalnya bahan makanan sebelum dimasak harus dicuci terlebih dahulu. Namun untuk daging kambing, sebaiknya malah tidak usah dicuci. Mencuci kambing akan membuat daging kambing menjadi alot dan semakin bau. ENDEUSiast cukup menghilangkan kotoran pada daging kambing dengan tisu dan langsung rebus daging. Setelah 10 menit perebusan, buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru.

3/ Tabur Garam

Nah, kalau daging kambing sudah terlanjur dicuci, ENDEUSiast tidak perlu khawatir daging akan menjadi alot. ENDEUSiast bisa menaburi daging dengan garam untuk mengurangi darah kambing yang membuat aromanya tidak sedap. Taburi daging dengan garam hingga menyeluruh dan diamkan selama 1 jam sebelum dimasak.

4/ Rebus dengan Rempah-Rempah

Biasanya aroma prengus pada daging kambing tidak hanya bisa dirasakan pada dagingnya saja namun pada kuah bila daging dimasak menjadi gulai, sup kambing , atau makanan berkuah lain. Agar kaldu kambing juga tidak berbau prengus, ENDEUSiast bisa menambahkan rempah-rempah pada rebusan daging kambing. Tambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, daun bawang, jahe, atau serai dalam rebusan daging kambing yang kedua.

5/ Agar Daging Cepat Empuk

Agar daging kambing cepat empuk dan tidak alot, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara yang paling umum adalah dengan menambahkan buah-buahan dengan rasa asam seperti nanas, jeruk nipis, atau buah pear.

Buah nanas dan pear bisa diparut terlebih dahulu dan kemudian campurkan dalam daging kambing hingga merata. Zat asam dan enzim-enzim dalam buah-buahan tersebut bisa membuat daging kambing menjadi lebih mudah empuk.

Selain dengan menambahkan buah-buahan, ENDEUSiast juga bisa membungkus daging dengan daun pepaya, Enzim dalam daun pepaya bisa membuat daging kambing atau sapi menjadi lebih empuk. Selain daun pepaya, ENDEUSiast juga bisa menggunakan daun jati atau daun jambu untuk manfaat yang sama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.