Cara Mengolah Bumbu Soto Agar Menghasilkan Aroma Harum
Cara Mengolah Bumbu Soto Agar Menghasilkan Aroma Harum

Membuat bumbu soto bukan suatu hal yang sulit. Asalkan ENDEUSiast bisa mengolahnya dengan benar maka akan menghasilkan aroma kuah soto yang harum.

Apakah ENDEUSiast pernah membuat soto? Bagi yang sukses membuat soto berarti ENDEUSiast bisa mengolah semua bahan soto dengan tepat. Tetapi bagi yang belum, berarti ada kesalahan pada saat proses pengolahan. Membuat soto sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit. Asal bisa mengolahnya dengan benar maka akan menghasilkan soto yang harum dan lezat.

Ada banyak sekali resep untuk soto yang bisa ENDEUSiast tiru salah satunya adalah soto ayam lamongan . Bagi ENDEUSiast yang belum bisa mengolah bumbu soto dengan benar, jangan khawatir karena dibawah ini akan diberikan tips bagaimana cara mengolah bumbu soto agar menghasilkan aroma harum serta rasa yang lezat.

1/ Blender Bumbu Soto dengan Minyak

Untuk menghasilkan bumbu kuah soto yang harum dan lezat cara yang harus dilakukan adalah blender semua bumbu soto dengan menggunakan minyak, penggunaan minyaknya pun tidak perlu banyak, secukupnya saja sekitar 2 sendok makan asalkan semua bumbu sudah bisa tercampur dengan baik. Hindari menghaluskan bumbu menggunakan air untuk menghaluskan bumbu soto karena justru akan menjadi encer dan akan memakan waktu lama pada saat proses menumis.

2/ Tumis Bumbu Hingga Harum

Jika bumbu sudah dihaluskan maka tahap selanjutnya adalah menumis. Jika tadi sudah mencampurkan bumbu dengan minyak maka pada saat menumis tidak perlu lagi menambahkan minyak nanti justru akan membuat bumbu menjadi sangat berminyak dan terlihat berlemak.

Jika ENDEUSiast ingin menambahkan cukup 1 sendok makan saja tidak perlu banyak-banyak. Tetapi perlu diingat bahwa sebelum bumbu dimasukkan, pastikan minyak sudah panas bila tidak nanti bumbu akan bau. Pada saat menumis, aduk sesekali hingga muncul aroma harum tapi jangan sampai gosong ya.

3/ Campur Bumbu dengan Kuah

Setelah bumbu matang, ENDEUSiast bisa mencampurkannya ke dalam kuah soto. Untuk menghilangkan bau mentah pada bumbu, ENDEUSiast bisa mengambil beberapa sendok kaldu ayam lalu campurkan ke dalam tumisan. Diamkan sebentar lalu campurkan tumisan bumbu tersebut ke dalam kuah kaldu ayam. ENDEUSiast bisa melanjutkan untuk memasak soto seperti biasa.

Bila ENDEUSiast melakukan semua tips di atas dengan benar maka hasilnya pun tidak akan gagal. Soto yang ENDEUSiast buat akan menghasilkan aroma yang harum dengan rasa lezatnya yang menggoda selera. Perlu diingat untuk mengolah bumbu dengan benar agar tidak muncul bau mentah dan langu pada kuah soto. Sekarang ENDEUSiast sudah bisa lebih percaya diri untuk membuat soto yang akan dihidangkan untuk keluarga maupun kerabat. Tertarik untuk mencobanya sekarang? Semoga berhasil ya.

Endeustorial

Ikuti Instagram