Selain memberikan aroma dan rasa tambahan, beberapa buah berikut juga bisa mengempukkan daging

"

Daging keras menjadi problem utama pada saat mengolah daging sapi dan kambing. Jika menggunakan bagian daging yang tepat, seperti daging khas dalam atau daging has luar, mengolahnya memang tak terlalu sulit. Hanya saja, harga kedua jenis potongan tersebut biasanya berbeda jauh dengan potongan lainnya.

Memasak menggunakan panci presto kerap digunakan untuk mengempukan daging. Namun panci penyelamat ini tak dimiliki di semua dapur rumah tangga. Memarinasi daging sebelum diolah bisa menjadi salah satu solusi untuk menghasilkan daging empuk. Bahan marinasinya pun mudah dijumpai di keseharian kita.

Buah-buahan menjadi bahan marinasi yang paling mudah digunakan. Hanya jenis buah tertentu saja yang memiliki enzim dan mampu memecah protein daging. Sebelum digunakan buah biasanya diparut atau diblender terlebih dahulu. Berikut beberapa contoh buah yang bisa digunakan sebagai marinasi daging.

1. Nanas

Aduk rata parutan buah nanas bersama potongan daging. Memarinasi daging dengan nanas cukup selama 10 – 20 menit saja. Memarinasi terlalu lama membuat daging terlalu hancur.

2. Pir

Buah pir memiliki rasa manis yang lebih mendominasi. Cara memarinasi dengan buah pir ini biasa digunakan dalam sajian Bulgogi khas Korea. Daging dapat dimarinasi selama semalaman untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kiwi

Balurkan parutan halus buah kiwi ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama 30 menit dan daging siap diolah.

4. Apel

Selain menggunakan buah apel segar, jus apel atau cuka apel juga bisa digunakan sebagai bahan marinasi daging.

5. Lemon

Kucuri daging dengan air jeruk lemon dan marinasi selama 30 menit. Untuk menghasilkan daging yang lebih moist bisa juga mencampurkan air jeruk lemon dengan susu cair atau yoghurt dalam marinasi daging.

6. Pepaya

Meski tak memiliki rasa asam, pepaya mampu mengempukkan daging. Untuk daging ayam, marinasi selama 4 jam. Sedangkan untuk daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, membutuhkan waktu marinasi selama 8 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Jeruk

Jika tak suka rasa asam jeruk lemon, gunakan jeruk sunkist yang memiliki rasa manis. Jika ingin menghasilkan aroma citrus yang lebih tajam, tambahkan parutan kulit jeruk di dalam marinasinya.

8. Mangga

Biasanya digunakan untuk memarinasi daging ayam. Setelah dimasak daging buah ini juga memberikan aroma dan rasa tambahan yang sedap. Coba juga dengan menambahkan kucuran jeruk nipis agar semakin segar.

9. Air Kelapa

Salah satu cara mengempukkan daging ayam kampung untuk sajian Ayam Pop adalah dengan merebusnya dalam air kelapa. Kandungan dalam air kelapa mampu mengempukkan daging dan juga memberikan rasa gurih pada masakkan.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.