Merica adalah primadona dalam dunia rempah-rempah. Ada banyak jenis merica yang ada di pasaran. Berikut ini cara memilih merica yang berkualitas.

Merica adalah salah satu rempah serbaguna yang sering digunakan untuk berbagai jenis masakan Tumis Daging Sapi Lada Hitam , Kakap Lada Hitam dan Sosis Bakar Lada Hitam . Selain sebagai penyedap rasa, merica juga mempunyai manfaat penambah nafsu makan karena aroma yang sedap dan rasa yang pedas.

Karena merica adalah rempah yang tergolong mahal, banyak orang yang menjual merica dengan kualitas kurang bagus demi harga yang murah. Bila tidak teliti, ENDEUSiast bisa saja membeli lada yang kualitasnya kurang bagus. Berikut ini adalah beberapa cara memilih merica yang berkualitas.

1/ Perhatikan Tekstur

Merica yang berkualitas mempunyai tekstur yang besar dan kasar. Permukaan lada biasanya tidak mulus karena permukaan merica tidak benar-benar halus namun seperti keriput dan kasar.

Merica dengan tekstur yang seperti ini adalah merica dengan kualitas baik karena proses pengeringannya sempurna. Selain itu, hindari juga memilih merica yang dalam kemasannya ada remah-remah. Remah dalam kemasan merica adalah salah satu tanda bila merica sudah terlalu lama disimpan sehingga serpihan kulit arinya menjadi abu. Biasanya merica yang seperti ini sudah tidak lagi berbau merica tapi berbau apek.

2/ Aroma Merica

Baik buruknya kualitas merica bisa dilihat dari aromanya. Merica yang kualitas bagus mempunyai aroma khas lada yang wangi dan sedikit pedas menyengat. Bila lada sudah berbau apek dan tidak sedap bisa jadi kualitasnya kurang bagus atau tempat penyimpanannya yang salah. Hindari memilih merica yang berwarna apek karena akan mempengaruhi aroma masakan menjadi kurang sedap.

3/ Warna Merica

Selain tekstur dan aroma merica, ENDEUSiast juga perlu memperhatikan warna merica. Warna merica harus terlihat bersih dan tidak ada serbuk remah-remah. Misalnya lada hitam yang berwarna hitam, bukan abu-abu atau pudar dan merica putih harus berwarna abu-abu atau krem.

4/ Penyimpanan yang Baik

Penyimpanan merica juga harus diperhatikan karena bisa mempengaruhi kualitas merica. Setelah membeli lada dengan kualitas yang baik, segera simpan merica dalam toples kaca dengan tutup yang rapat. Kemudian simpan merica dalam suhu ruang dan jangan disimpan di kulkas. Selain itu, merica juga sebaiknya tidak disimpan bersamaan dengan daging ataupun diletakkan diatas lantai karena bisa terkontaminasi dengan bakteri.

Sedangkan untuk merica bubuk, cara pemilihannya lebih susah daripada merica butiran. Hal ini karena kita tidak tahu apakah merica yang dijual dalam bentuk bubuk adalah murni merica atau ada tambahan lain. Cara memilih merica bubuk adalah pilih yang berwarna krem pekat. Merica bubuk yang berwarna coklat keputih-putihan biasanya sudah dicampur atau dioplos dengan tepung.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.