Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan Indonesia tumis buncis terbilang cukup mudah. Tetapi, untuk membuat warna buncis agar tetap hijau diperlukan cara khusus.

Buncis menjadi salah satu jenis sayuran yang paling banyak dijadikan sebagai olahan tumisan. Proses memasak dengan cara ditumis sebenarnya cukup mudah terutama dalam tumis buncis ini. Tapi, sayangnya masih banyak yang keliru dalam mengolah tumis sehingga sayuran tersebut ketika ditumis berubah warna menjadi pucat atau gelap. Apalagi bila sajian ini untuk dijadikan bekal liburan si anak.

Jika tampilan warnanya sudah berubah tentu terlihat kurang menarik dan anak yang memakannya pun menjadi kurang bersemangat. Nah, bagi ENDEUSiast yang masih belum tau cara mengolah buncis yang benar maka perlu simak tips tentang membuat tumis buncis agar warnanya tetap hijau segar.

1/ Memilih Buncis

Ketika hendak membeli buncis di pasar biasanya tersedia 2 jenis buncis yaitu buncis baby dan buncis biasa. Perbedaan antara keduanya adalah dari ukurannya. Pada jenis buncis biasa ukuran dan panjangnya tentu melebihi dari ukuran buncis baby.

Jadi cukup dengan melihat dari fisiknya saja ENDEUSiast sudah bisa mengetahui mana jenis biasa dan baby. Untuk membuat tumis dari bahan ini, pilihlah jenis buncis yang biasa karena tidak akan mudah overcooked yang menyebabkan warna hijau pada buncis akan memudar.

2/ Rebus dengan Air Garam

Tips selanjutnya adalah dengan merebus buncis dengan air garam. Tetapi sebelumnya dicuci dan dipotong dulu buncisnya baru setelah itu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih lalu masukkan juga garam secukupnya. Jika buncis sudah mulai lunak itu artinya sudah matang dan segeralah diangkat.

3/ Mulai Menumis

Buncis memang sudah matang, tetapi ENDEUSiast tetap perlu menumisnya agar menjadi hidangan yang diinginkan. Pertama-tama, ENDEUSiast harus menumis bumbu atau bahan lainnya seperti bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit yang telah diiris.

Tumis hingga muncul aroma harum pada bumbu baru setelah itu masukkan buncis ke dalam wajan. Gunakan api besar dan tutup wajan tersebut, biarkan buncis matang secara merata bersama dengan bumbu lainnya.

Hindari proses masak yang terlalu lama karena dapat membuat warna buncis berubah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk tumis buncis saja tetapi juga jenis olahan tumis lainnya seperti tumis daging kapri .

Itulah tips sederhana untuk membuat warna pada tumis buncis tetap hijau segar. bila ENDEUSiast ingin menambahkan air, maka gunakanlah air panas agar bisa cepat matang tanpa harus menunggu lama dan membuat buncis menjadi berubah warna. Jadi jangan sampai keliru lagi ya dalam mengolah tumis buncis maupun sayuran hijau lainnya. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.