Cara Membuat Seblak Kerupuk Simpel Asli Bandung, Mudah dan Simpel!
Cara Membuat Seblak Kerupuk Simpel Asli Bandung, Mudah dan Simpel!

Cara Membuat Seblak Kerupuk Asli Bandung, Mudah Banget

Ternyata begini cara membuat seblak kerupuk asli Bandung yang simpel dan mudah dibuat, tak usah beli lagi!

Cara membuat seblak kerupuk sangatlah simpel. Bicara jajanan khas Bandung yang sering dicari, pasti jawabannya adalah seblak. Seblak ini adalah jajanan khas Bandung yang biasa disajikan dengan kuah, digoreng dan bumbu kering.

Seblak ini dibuat dari kerupuk kanji dengan isian bahan-bahan seperti daging ayam, bakso, sosis, otak-otak juga sayuran seperti sawi dan kol.

Ciri khas seblak yang paling membedakannya dengan makanan berkuah lain adalah bumbunya. Di dalam bumbu seblak rasa kencurnya sangat terasa.

Belum lagi bumbu ini dimasak dengan tambahan rasa pedas dari cabai rawit yang dihaluskan bersama bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, dan tentunya kencur.

Tak hanya terkenal di Bandung, seblak ini juga sudah dikenal ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan warga ibu kota sendiri sampai ketagihan dengan rasanya.

Buktinya, kini di mana saja kita bisa dengan mudahnya menemukan penjual seblak ini, jadi ingin menikmati seblak pun bisa lebih mudah lagi.

Sayangnya, di tengah pandemi ini, kita sangat dilarang untuk keluar rumah. Lalu bagaimana kalau sudah ngidam banget makan seblak? Ujung-ujungnya kita harus buat sendiri di rumah.

Seblak yang paling sederhana adalah seblak kerupuk yang artinya kita hanya menggunakan kerupuk kanji yang dimasak menggunakan telur dan bumbu khas seblak saja.

Tak hanya bisa membuat seblak goreng atau seblak kuah, seblak kerupuk kering yang dijadikan teman nonton pun juga bisa dibuat di rumah.

Yuk, kita simak cara membuat seblak kerupuk simpel asli Bandung selengkapnya berikut ini!

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kuah

Seblak kerupuk pertama adalah seblak yang berkuah. Seblak berkuah ini sebenarnya adalah seblak yang paling sering dinikmati banyak orang.

Apa bedanya dengan seblak goreng? Kedua bumbunya sama saja, bedanya kalau seblak kuah ditambah dengan air atau kaldu.

Sebelum membuat seblak kuah, mari kita siapkan dulu bumbunya. Untuk membuat bumbu seblak kuah diperlukan bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai.

Kalau mau menambah rasa pedas dalam seblak kita tambahkan cabai rawit. Bumbu ini bisa langsung kita ulek atau kita haluskan menggunakan blender saja.

Ketika bumbu seblak sudah halus, seblak siap dibuat!

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kuah

Sebelum kita membuat seblak kerupuk kuah, ada baiknya kerupuk ini direndam dulu di dalam air panas.

Kalau kerupuk kanjinya langsung dimasak takutnya tidak matang alias masih keras. Jadi, ada baiknya kita rendam dulu, setelah sudah lembut baru kita masukkan ke dalam tumisan.

Untuk membuat seblak kerupuk kuah, tumis bumbu halusnya harus benar, ya. Pakai api sedang lalu masak hingga bumbunya matang.

Ciri bumbu seblak matang ini adalah aroma harumnya keluar dan berubah warna. Pokoknya wajib masak sampai matang supaya bumbunya tidak meninggalkan bau dan rasa langu.

Baru deh masukkan telur lalu diorak-arik disusul dengan bahan-bahan lain seperti sosis atau bakso baru deh masukkan kerupuknya.

Tuang kaldu ayam ke dalam tumisan, masak seblak kerupuk kuah sampai matang. Taburi bawang goreng, seblak kerupuk kuah siap dimakan.

Cara Membuat Bumbu Seblak Kering

Selain dibuat seblak kuah, seblak kerupuk juga bisa dimasak menjadi seblak kering, lho. Seblak kering ini adalah kerupuk kanji yang dibalur dengan bumbu-bumbu.

Sama seperti seblak kerupuk, kita siapkan kerupuk kanjinya terlebih dahulu. Lalu untuk bahan-bahan membuat bumbu seblak kerupuk kering antara lain, daun jeurk, daun bawang, kencur, kaldu bubuk, cabai kering juga cabai bubuk siap pakai.

Sebelum digunakan, jangan lupa daun jeruknya ini kita sobek-sobak sebelum digunakan agar tidak meninggalkan rasa getir.

Baca Juga: Resep Seblak Makaroni Pedas

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering

Suka bingung, kenapa seblak kerupuk kering kerupuknya bisa beda banget? Meski menyerupkai kerupuk kanji yang belum matang, seblak kerupuk kering ini tetap bisa digigit dan enak dimaka.

Kerupuk seblak memang terlihat tidak matang, padahal sebenarnya kerupuk ini juga sudah bisa dimakan alias sudah matang kok.

Untuk mendapatkan kerupuk seperti ini, kita rendam dulu kerupuk dalam minyak goreng selama 20 menit.

Sambil menunggu kerupuknya direndam, kita buat bumbu seblak kerupuk keringnya. Bubuk tabur seblak ini dibuat dari bawang putih, daun jeruk, dan kencur yang diiris tipis lalu digoreng sampai garing. Perhatikan penggunaan minyak karena terlalu besar bisa menggosongkan bawang putihnya.

Setelah digoreng, tunggu dulu bahan-bahan yang sebelumnya digoreng sampai dingin dulu. Baru kalau sudah dingin kita tumbuk semuanya sampai merata. Kembali ke kerupuk, setelah 20 menit berlalu baru deh kita masak dengan api yang kecil saja lalu goreng sampai matang lalu angkat dan tiriskan.

Selagi masih panas, langsung tambahkan bumbu seblak kering yang sudah dibuat. Harus ditaburi saat masih panas biar bumbunya lebih menempel.

Gampang kan buat seblak kerupuk ala Bandung di rumah? Cek aneka resep seblak lainnya hanya di Endeus !

(AH)

Endeustorial

Ikuti Instagram