Cara Membersihkan Pisau Berkarat Dengan Mudah
Cara Membersihkan Pisau Berkarat Dengan Mudah

Pisau berkarat? Ini cara membersihkannya!

Punya pisau yang berkarat? Jangan langsung membuangnya karena ada cara mudah untuk membersihkannya akan kembali terlihat bersih seperti baru.

Semua peralatan dapur yang telah dipakai wajib dibersihkan, tidak terkecuali pisau. Setelah digunakan untuk mengiris dan memotong tentunya pisau akan kotor. Tetapi terkadang masih ada yang malas untuk segera mencucinya, jadi pisau direndam lama di dalam air bersama dengan perabotan kotor lainnya.

Bisa juga pisau yang telah dicuci, tidak cepat dikeringkan justru dibiarkan dalam keadaan basah dan lembab. Hal-hal yang seperti inilah yang membuat pisau cepat berkarat. ENDEUSiast tentu tidak mau kan perabotan dapur cepat berkarat apalagi untuk pisau yang digunakan untuk memotong bahan masakan? bila ENDEUSiast masih bingung bagaimana cara membersihkan pisau yang berkarat, bisa melihat tips di bawah ini.

1/ Air Perasan Jeruk Nipis dan Lemon

Kemampuan jeruk nipis dan lemon untuk membersihkan segala macam perabotan rumah tangga khususnya dapur memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali perabotan rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan jeruk nipis dan lemon, begitu juga untuk pisau yang berkarat.

Caranya pun cukup mudah, pertama ENDEUSiast harus taburkan garam di sekitar area pisau yang berkarat lalu diamkan sebentar. Setelah itu masukkan pisau ke dalam gelas atau wadah apapun yang telah diisi oleh air perasan jeruk nipis dan lemon. Biarkan pisau terendam lama bersama dengan air perasan tersebut. Jika karat pada pisau perlahan sudah mulai luntur, ENDEUSiast bisa menggosokan pisau tersebut hingga benar-benar bersih menggunakan bola gosok alumunium.

2/ Kentang

Kentang tidak hanya dijadikan sebagai bahan masakan seperti perkedel kentang saja namun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karat pada pisau. Kandungan asam oksalat yang terdapat pada kentang dipercaya mampu untuk menghilangkan karat pada perabotan.

Ada cara mudah yang bisa ENDEUSiast tiru yaitu dengan menusukkan pisau ke dalam kentang lalu biarkan selama semalaman dan ketika pagi ENDEUSiast bisa membersihkan pisau tersebut menggunakan bola penggosok alumunium.

3/ Minuman Soda

Minuman soda memang menyegarkan tenggorokan dikala haus. Tapi tahukah ENDEUSiast bahwa minuman yang mengandung soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karat pada pisau. Caranya sangat mudah, ENDEUSiast cukup rendam pisau ke dalam wadah yang berisi minuman soda lalu biarkan hingga semua karat yang ada pisau mulai luntur. ENDEUSiast bisa merendamnya selama semalaman agar pisau bersih dari karat.

Bagaimana menurut ENDEUSiast? Sangat mudah kan untuk tips diatas. Bila ENDEUSiast punya pisau yang sudah tidak terpakai jangan langsung dibuang ya, bisa mempraktekkan tips di atas agar pisau dapur ENDEUSiast menjadi bersih dan terlihat seperti baru lagi.

Endeustorial

Ikuti Instagram