Cara Memasak Daging Kambing Tidak Berlemak
Cara Memasak Daging Kambing Tidak Berlemak

Cara Memasak Daging Kambing Tidak Berlemak

Pencinta daging kambing bisa ikuti langkah ini agar bisa menikmati hidangan kambing tanpa pusing karena lemak berlebih

Daging kambing sering dianggap mengandung kolesterol tinggi sehingga banyak orang menghindarinya. Meskipun begitu, daging kambing ternyata mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Sehingga tidak perlu terlalu menghindari daging kambing, namun ENDEUSiast perlu bijak memasak dan mengkonsumsi daging kambing. Agar daging kambing tetap sehat dan bebas kolesterol, ENDEUSiast bisa menggunakan beberapa cara memasak berikut ini.

1/ Pilih Bagian Daging

Sama dengan daging sapi, daging kambing juga dibedakan berdasarkan bagian pemotongannya. Ada bagian daging kambing yang mengandung lebih banyak lemak dari bagian yang lain. Bagian daging kambing yang mengandung sedikit lemak adalah bagian punggung dan kaki. ENDEUSiast bisa memilih bagian daging kambing yang sedikit lemak agar tidak terlalu banyak kolesterol. Jika mendapat bagian daging dengan lemak, ENDEUSiast bisa membuang lemaknya sebelum diolah.

2/ Rebus 3 Kali

Daging kambing biasanya mempunyai bau prengus yang tidak sedap. ENDEUSiast bisa mengurangi bau prengus pada daging kambing dengan merebusnya sebanyak 3 kali. Pertama rebus daging hingga mendidih, kemudian buang airnya. Lakukan cara yang sama untuk rebusan ke 2 dan ke 3. Merebus daging sebanyak 3 kali tidak hanya menghilangkan bau tapi juga mengurangi kandungan lemak pada daging. Pada rebusan yang ke 3, ENDEUSiast bisa menambahkan rempah-rempah seperti jahe, daun bawang, kayu manis, dan sebagainya bila ingin menggunakan air rebusan ke 3 sebagai kaldu.

3/ Diamkan Kaldu Semalaman

Kalau ENDEUSiast khawatir merebus daging sebanyak 3 kali akan menghilangkan rasa kaldu alami dan membuat daging hambar. ENDEUSiast bisa mendiamkan kaldu semalaman dalam lemari pendingin agar bagian lemaknya membeku. Buang bagian lemak yang mengendap ini agar daging kambing tidak terlalu berlemak.

4/ Tambahkan Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu daging kambing bermanfaat untuk menambah rasa dan membantu mengurangi eneg kandungan lemak. ENDEUSiast bisa menggunakan banyak rempah-rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, kayu manis, cengkeh, dan sebagainya. ENDEUSiast juga bisa menggunakan rempah-rempah ini sebagai pengganti garam dan penyedap rasa buatan.

5/ Hindari Penambahan Lemak

Karena daging kambing sudah mengandung lemak secara alami, ENDEUSiast perlu menghindar penambahan lemak. Jangan tambahkan santan, minyak, krim, mentega, ataupun jenis lemak lainnya. Dengan cara ini ENDEUSiast tidak perlu khawatir dengan tambahan lemak ataupun kolesterol dalam masakan daging kambing. ENDEUSiast bisa mengolah daging kambing menjadi sup kambing bening , ataupun dimasak dengan cara panggang atau bakar sehingga tidak perlu menambahkan lemak.

Endeustorial

Ikuti Instagram