Cara Memasak Bumbu Dasar untuk Masakan Indonesia
Cara Memasak Bumbu Dasar untuk Masakan Indonesia

Cara memasak bumbu dasar sebenarnya sangat mudah. Berikut ini tiga jenis bumbu dasar dan cara memasaknya.

Cara memasak masakan Indonesia umumnya cukup mudah. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu dasar yang sudah dibuat sebelumnya. Ada tiga jenis bumbu dasar yang sering digunakan dalam memasak adalah bumbu dasar merah, kuning, dan putih.

Bumbu dasar in bisa digunakan untuk membuat hampir semua masakan Indonesia. Banyak orang yang membuat bumbu dasar darlam jumlah banyak, kemudian disimpan dalam kulkas. Jadi sewaktu-waktu digunakan sudah tersedia dan tinggal pakai saja. Berikut ini jenis dan cara memasak bumbu dasar yang sederhana.

1/ Bumbu Dasar Merah

Bumbu dasar merah adalah salah satu bumbu dasar yang paling sering digunakan. Bumbu dasar merah ini terdiri dari perpaduan bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, merica, dan terasi yang dihaluskan kemudian ditumis hingga matang. Bila suka pedas, ENDEUSiast bisa menambahkan cabai rawit.

Bagi penggemar makanan pedas, bumbu dasar merah tidak boleh dilewatkan. Bumbu dasar merah ini bisa digunakan untuk balado, nasi goreng, dan sebagainya. Rasa yang menonjol dari bumbu dasar merah adalah rasa pedas.

2/ Bumbu Dasar Kuning

Bumbu dasar kuning juga banyak digunakan untuk berbagai masakan misalnya ayam goreng dan soto. Bahan dasar bumbu dasar kuning adalah kunyit sehingga warnanya kuning. Selain kunyit, bumbu dasar kuning juga menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan merica yang dihaluskan dan kemudian ditumis hingga matang. Bumbu dasar kuning ini mempunyai aroma khas dari kunyit dan bercitarasa asin dan gurih.

3/ Bumbu Dasar Putih

Bumbu dasar putih biasanya digunakan untuk makanan tumis. Selain itu, bumbu dasar putih juga paling mudah dibuat karena bahannya sangat mudah dan pasti ada di dapur. Bahan utama bumbu dasar putih adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, dan merica yang sudah dihaluskan kemudian ditumis hingga matang.

Rasa yang paling menonjol dari bumbu dasar putih ini adalah rasa gurih dari bawang dan pedas dari merica. Bumbu dasar putih ini cocok digunakan untuk semur, tumisan, dan juga aneka tumisan.

Salah satu kunci sukses memasak bumbu dasar adalah pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan sebagainya harus segar. Selain itu, bumbu harus digiling hingga benar-benar halus. Agar bumbu dasar bisa tahan lama, sebaiknya tumis bumbu hingga benar-benar tanak atau hingga keluar minyaknya. Setelah itu, pindahkan bumbu ke wadah yang sudah disteril dan tutup wadah bila sudah benar-benar dingin. Simpan bumbu dalam kulkas agar lebih awet dan tidak mudah berjamur.

Endeustorial

Ikuti Instagram