Cara Memasak Bahan Makanan Sisa Agar Tidak Mubazir
Cara Memasak Bahan Makanan Sisa Agar Tidak Mubazir

Cara Memasak Bahan Makanan Sisa Agar Tidak Mubazir

Cara memasak makanan sisa ini bisa menghindari rasa bersalah membuang-buang makanan, apalagi jika ENDEUSiast orang irit. Don’t waste food ya, guys!

Menyisakan makanan dan bahan makanan kadang membuat kita merasa bersalah. Bukan hanya soal mubazir , tapi lebih karena sayang sekali makanan tersebut tidak dimakan. Nah, daripada dibuang, bagaimana jika ENDEUSiast mengolahnya lagi saja? Berikut ini ada daftar bahan makanan sisa yang mungkin tidak ENDEUSiast pakai lagi dan ENDEUSiast bisa mengolahnya menjadi satu makanan baru.

1/ Buttermilk

Ketika ENDEUSiast selesai memasak pancake yang menggunakan buttermilk , ENDEUSiast mungkin kebingungan bagaimana memanfaatkannya agar tidak menjadi kecut. Pasalnya, jika tidak digunakan, biasanya buttermilk akan cepat basi dan menjadi asam di luar kulkas. Nah, alternatifnya adalah ENDEUSiast bisa menggunakannya sebagai tambahan salad, misalnya saja grill prawn salad .

2/ Saus Tomat

Saus tomat memang tersedia dalam bentuk kemasan, namun membuatnya sendiri akan jauh lebih enak. Jika ENDEUSiast membuat saus tomat dan bingung harus dibuat apa karena takut busuk, ENDEUSiast bisa menjadikannya campuran dari sop, stew , atau ENDEUSiast bisa campur dengan cabai hingga menjadi sambal.

3/ Kaldu

Memasak kaldu namun ternyata kaldunya bersisa? Jika ENDEUSiast bingung kaldunya harus dibuat apa, daripada dibuang ENDEUSiast bisa mencoba membuat satu menu lagi. ENDEUSiast bisa mencoba bekukan dalam cetakan es untuk digunakan nanti. Bisa juga diolah menjadi sup krim lalu dibekukan, jadi digunakan hanya pada saat ingin disantap. Tinggal tambahkan sayuran, lalu beri bumbu lagi supaya rasanya pas.

4/ Nasi

Jika ENDEUSiast memasak nasi terlalu banyak semalam, ENDEUSiast tidak harus membuang nasi tersebut di pagi harinya. Cara yang paling tepat adalah mengolahnya menjadi makanan baru misalnya saja nasi goreng. Nasi goreng memang paling sedap dibuat dengan nasi yang agak sedikit kering dibandingkan nasi yang pulen .

5/ Heavy Cream

Heavy cream yang ENDEUSiast beli terlalu banyak? Kalau begitu, ENDEUSiast bisa menggunakannya dengan mencampurnya bersama fresh whipped cream atau jadikan topping dessert yang ENDEUSiast suka. Biasanya bahan makanan ini bersisa setelah ENDEUSiast membuat makanan. Oleh karena itu, sebelum memasak pastikan dahulu porsi makanan cukup atau berlebih untuk ENDEUSiast dan keluarga.

Jika setelah mengolah masakan dari bahan makanan sisa masih juga tidak bisa habis, ENDEUSiast bisa menyedekahkannya kepada tetangga yang membutuhkan. Jangan sampai ENDEUSiast membuang-buang makanan ya! Ingatlah bahwa masih banyak saudara kita di luar sana yang hingga kini masih kesulitan untuk makan.

Endeustorial

Ikuti Instagram