Hidangan Ayam Sehat Tanpa Minyak
Hidangan Ayam Sehat Tanpa Minyak

Source: Shutterstock Description: Hadangan dengan bahan dasar ayam tidak mulu harus diolah dengan cara digoreng, memasak ayam tanpa minyak bisa jadi alternatif yang menyehatkan.

Ayam goreng adalah hidangan yang tidak dapat dipungkiri kenikmatannya. Namun jika ingin sehat sebaiknya ubah cara memasak tanpa menggunakan minyak.

Walaupun kenikmatan ayam goreng tidak ada duanya. Mengkonsumsi terlalu sering hidangan yang digoreng ini dapat membuat kolestrol dan kadar lemak dalam tubuh menjadi tinggi. Hal tersebut bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Jadi sebelum terlambat ada baiknya kita mengurangi asupan makanan yang digoreng.

Ada banyak cara sehat untuk memasak ayam tanpa harus menggunakan minyak. Rasanya pun bahkan bisa lebih enak dari yang digoreng. Mau tau caranya? Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1/ Memasak Pepes Ayam

Cara yang satu ini menggunakan teknik memasak tradisional khas Indonesia yang dilakukan dengan cara dikukus. Memasak pepes ayam jauh lebih lezat bila dibanding dengan menggorengnya, karena bahan yang digunakan untuk membuat pepes berupa bumbu dan rempah Indonesia yang memiliki rasa dan aroma yang khas.

Pertama, bumbu yang sudah dihaluskan akan diletakkan di atas ayam lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Baru setelah itu dikukus hingga matang dan tercium aroma khas dari bumbu dan rempah. Teknik mengukus ayam ini juga bisa menjaga nutrisi yang ada dalam ayam sehingga lebih menyehatkan untuk tubuh.

2/ Mengganti Minyak Goreng dengan Minyak dari Bahan Lain

Bila ENDEUSiast sulit memasak tanpa minyak, maka alternatifnya adalah dengan menggantikannya dengan bahan lain yang lebih menyehatkan. Beberapa minyak yang bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng adalah minyak dari bahan lain yang lebih sehat. Seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak biji anggur (grapeseed oil), minyak biji bunga matahari (sunflower seed oil), minyak kacang, dan lainnya. Meskipun minyak dari bahan lain tingkat panasnya tidak setinggi minyak dari kelapa sawit/minyak goreng, tetapi minyak-minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng dan menumis. Selain itu, kadar lemaknya lebih rendah dari minyak goreng, sehingga lebih sehat.

3/ Menumis Tanpa Minyak

Sekalipun teknik ini masih jarang dipakai, tapi sudah banyak orang Indonesia yang paham. Teknik yang digunakan adalah menumis tanpa menggunakan minyak sama sekali. Memangnya bisa? Tentu bisa. ENDEUSiast cukup menggantikan minyak dengan air kaldu ayam atau air biasa. Tuangkan air ke dalam wajan panas, lalu masukkan bahan yang hendak ditumis. Masak hingga matang. ENDEUSiast juga harus selalu mengaduknya agar tumisan tidak sampai gosong.

Setelah mengetahui tips di atas, ENDEUSiast bisa mencoba memasak ayam tanpa harus menggunakan minyak. Selamat memasak dengan cara menyehatkan ya!

Endeustorial

Ikuti Instagram