Cara Marinasi Daging untuk Panggang agar Meresap Sempurna
Cara Marinasi Daging untuk Panggang agar Meresap Sempurna

Memarinasi daging membutuhkan teknik dan tip agar bumbu sukses meresap sempurna ke dalam daging. Yuk, simak tips berikut.

Salah satu kunci kelezatan daging panggang adalah bumbu marinasi yang meresap sempurna ke dalam daging. Hal ini membuat daging panggang mempunyai rasa yang lezat dan tidak hambar. Selain itu, bumbu marinasi juga membantu tekstur daging agar juicy dan tidak keras. Bumbu dasar yang biasanya digunakan untuk marinasi adalah garam, lada, bawang putih. Beberapa orang menambahkan rempah-rempah atau herbs, mentega cair,yogurt dan buah sebagai bahan marinasi . Apapun bumbu marinasi yang digunakan, sebaiknya ENDEUSiast menggunakan tips ini agar bumbu bisa meresap ke dalam daging dengan sempurna.

1/ Gunakan Bumbu dan Rempah Segar

Bumbu instan memang lebih praktis namun masalah kelezatan, bumbu dan rempah segar jelas lebih lezat. Usahakan untuk menggunakan bumbu dan rempah segar seperti bawang putih, ketumbar, dan sebagainya. Walaupun terpaksa menggunakan rempah dedaunan kering seperti oregano, rosemary, parsley, dan sebagainya dalam keadaan kering, ENDEUSiast bisa meremas-remas rempah hingga aromanya muncul.

2/ Simpan Rendaman Daging dalam Wadah Tertutup

Setelah daging direndam dalam bumbu marinasi, jangan langsung membakarnya. ENDEUSiast bisa merendam daging dalam wadah tertutup agar bumbu bisa meresap kedalam daging. Bila menggunakan bumbu cair, usahakan untuk menyimpan daging dalam wadah tertutup dan kemudian simpan dalam chiller kulkas. Hal ini mencegah daging terkontaminasi dengan bakteri bila dibiarkan dalam suhu ruang terlalu lama.

3/ Perhatikan Lama Perendaman Daging

Daging memang perlu direndam dalam bumbu selama waktu tertentu agar bumbu bisa meresap sempurna. Namun sebaiknya daging tidak direndam dalam waktu yang sangat lama. Waktu marinasi yang disarankan adalah sekitar dua jam dan maksimal dua hari di dalam kulkas. Jangan merendam daging lebih dari dua hari karena akan membuat tekstur daging menjadi rapuh dan mudah hancur.

4/ Jangan Tiriskan Bumbu Marinasi

Ketika hendak dipanggang, daging bisa langsung dipanggang tanpa perlu ditiriskan ataupun dicuci terlebih dahulu. Meniriskan bumbu marinasi dengan cara mengusap tisu atau mencuci daging akan menghilangkan rasa gurih dan membuat daging menjadi hambar. Hal ini karena bumbu yang menempel pada lapisan luar daging hilang sehingga rasa daging menjadi kurang lezat.

5/ Gunakan Bumbu Marinasi sebagai Saus

Apabila saus marinasi daging masih tersisa banyak, jangan langsung dibuang. ENDEUSiast bisa mengoleskan sisa bumbu marinasi ketika daging dipanggang sehingga rasa daging menjadi juicy. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa memasak saus marinasi dan menggunakannya sebagai saus daging panggang. Bumbu marinasi ini sudah mengandung rasa gurih dari daging sehingga bila digunakan sebagai saus akan semakin lezat. Selain itu, ENDEUSiast juga tidak perlu lagi membuat saus yang lain sebagai pelengkap daging panggang.

Endeustorial

Ikuti Instagram