Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kalau beli buah dengan rasa asam dan sepat jangan dibuang, ikuti tips di bawah ini untuk mensiasati agar bahan tidak terbuang sia-sia

Terkadang membeli buah memang membutuhkan faktor keberuntungan. Meskipun ENDEUSiast sudah memilih buah yang baik, namun tetap saja mendapatkan buah dengan rasa asam atau sepat. Bila sudah begini jangan langsung begitu saja membuang buah dengan rasa asam. ENDEUSiast bisa mengolah buah tersebut dengan beberapa cara berikut ini.

1/ Jadikan Manisan

Buah-buahan dengan rasa asam atau sepet seperti mangga muda, salak, dan kedondong bisa diolah menjadi manisan. Dengan cara ini rasa asam dan sepat bisa berkurang karena penambahan gula. ENDEUSiast cukup mengurapi buah dengan gula pasir dan diamkan hingga beberapa hari sampai buah mengeluarkan air. Bila sudah mengeluarkan air, ENDEUSiast bisa menambahkan cabai rawit yang diulek.

2/ Jadikan Selai

Buah yang asam juga cocok untuk dijadikan selai misalnya stroberi, nanas, kiwi, dan apel. Cara membuat selai buah juga sangat mudah, ENDEUSiast perlu memasak parutan buah dengan gula dengan perbandingan sesuai selera. Agar selai buah lebih mirip dengan selai kemasan, ENDEUSiast bisa menambahkan pectin atau gelatin nabati dan beberapa sendok air lemon. Cara ini juga membuat olahan buah menjadi tahan lama.

3/ Jadikan Campuran Puding atau Kue

Buah dengan rasa asam memang paling pas diolah dengan kue. ENDEUSiast bisa menggunakan apel yang rasanya asam dengan tambahan gula dan kayu manis sebagai isian pie. Selain itu, stroberi, jeruk, dan kiwi juga cocok dijadikan campuran puding atau topping cake.

4/ Jadikan Setup Buah

Setup buah juga menjadi salah satu cara untuk mengolah buah dengan rasa asam. Nanas, mangga, dan apel yang rasanya kecut bisa dimasak dengan gula dan air. Tambahkan kayu manis dan sejumput cengkeh. Tambahkan buah dengan air gula yang mendidik dan masak selama 2 menit saja. Sajian setup buah ini dalam keadaan hangat atau sebagai campuran es.

5/ Olah Menjadi Rujak Buah atau Salad

Rujak buah adalah salah satu jajanan yang populer di Indonesia. ENDEUSiast bisa mengolah mangga muda, belimbing, dan kedondong yang rasanya asam menjadi rujak buah. ENDEUSiast hanya perlu mengiris tipis atau menyerut buah dan campurkan dengan saus kacang yang pedas manis.

Selain sebagai rujak buah, ENDEUSiast juga bisa mengolah buah kecut menjadi salad buah. Saus salad yang dominan manis dan creamy akan membuat rasa buah yang asam menjadi lezat.

6/ Gunakan Sebagai Sambal

Cara yang lain memanfaatkan buah kecut adalah dengan mengolahnya menjadi sambal. Sambal mangga muda, nanas, atau apel adalah salah satu olahan sambal yang populer di Indonesia. Rasa pedas, manis, asin, dan asam semuanya bercampur menjadi satu dan membuat makan menjadi semakin lahap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.