Cara Aman dan Sehat Mengolah Seafood dan Ikan Mentah
Cara Aman dan Sehat Mengolah Seafood dan Ikan Mentah

Ingin membuat sashimi sendiri di rumah? Bisa saja, tapi jangan lupa perhatikan cara mengolahnya. Yuk, langsung simak.

Seafood mentah adalah salah satu jenis masakan yang populer dan banyak disukai. Makanan yang satu ini biasanya disajikan di restoran Jepang yang menjual seafood mentah. Bagi sebagian orang seafood mentah seperti sushi dan sashimi dirasa lebih bersih namun sebaiknya ENDEUSiast lebih berhati-hati bila membuat sushi racikan sendiri. Hal ini karena sushi racikan sendiri rentan terkontaminasi oleh bakteri, kuman, dan cacing. Berikut ini beberapa tips aman dan sehat mengolah seafood dan ikan mentah sendiri.

1/ Pilih Ikan Laut

Dibandingkan dengan ikan air tawar, ikan air laut atau air asin mempunyai resiko terkontaminasi bakteri yang lebih rendah. Ikan air laut yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah adalah ikan tuna, flounder, dan ikan kod atlantik. Bila ENDEUSiast masih pertama kali mengolah ikan mentah sendiri, ENDEUSiast bisa menggunakan ikan tuna karena ikan tuna mengandung parasit yang paling sedikit dalam tubuhnya. Ikan tuna merupakan ikan yang bergerak sangat cepat dan tidak hidup dalam daerah yang banyak parasite. Namun, ikan tuna termasuk salah satu ikan yang rentan terkontaminasi logam seperti timbal yang tinggi. Pilih jenis ikan tuna yang tidak terkontaminasi logam serta batasi konsumsinya.

2/ Wasabi

Wasabi adalag sejenis pasta berwarna hijau yang sering disajikan bersama dengan sushi atau sashimi. Makanan yang satu ini tidak disajikan tanpa alasan. Wasabi dipercaya bisa membunuh parasit yang ada dalam daging ikan mentah. Hal ini karena wasabi mengandung rasa pedas dari zat bernama isotiosianat yang bermanfaat sebagai antimikroba.

3/ Gunakan Ternak Sendiri

Bila ingin mengkonsumsi daging ikan mentah, sebaiknya gunakan ikan hasil ternak sendiri. Meskipun ikan berasal dari air tawar, namun bila berasal dari ternak sendiri mempunyai resiko kontaminasi yang rendah. Hal ini karena ENDEUSiast mempunyai Kendali terhadap lingkungan ikan dibanding dengan ikan yang dibesarkan dalam pembiakan. Bila tidak memungkinkan, jangan ragu untuk menggunakan ikan yang organic.

4/ Pilih Seafood yang ‘Sashimi Grade’

Bila membeli ikan atau seafood mentah yang siap dikonsumsi, sebaiknya pilih yang sashimi grade. Hal ini mencegah kasus terinfeksi parasit karena ikan atau seafood sudah dinyatakan layak untuk dikonsumsi secara mentah sebagai sashimi atau sushi. Dengan label sashimi grade, setidaknya ikan dan seafood sudah dinyatakan layak konsumsi dan bebas parasit.

5/ Pilih Ikan yang Muda

Ikan dengan ukuran semakin besar dan usia tua berada dalam taraf rantai konsumen yang semakin tinggi. Ikan tersebut memangsa ikan atau hewan kecil lainnya. Untuk meminimalisir infeksi parasit, sebaiknya ENDEUSiast pilih ikan atau seafood yang berukuran kecil dan usianya masih muda.

Endeustorial

Ikuti Instagram