Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Dalam resep masakan pedas, cabai menjadi salah satu bagian yang terpenting. Di Indonesia, banyak jenis cabai yang digunakan untuk masak sehari-hari.

Di Indonesia, biasanya cabai diolah menjadi aneka sambal yang lezat. Beberapa diantaranya juga sering dijadikan sebagai penguat rasa pada masakan. Rasa pedas dan aroma cabai yang khas inilah yang membuat masyarakat Indonesia menyukainya.

Ada banyak jenis cabai yang bisa ENDEUSiast temukan di Indonesia. Semuanya memiliki ciri khas dan kegunaannya tersendiri. Biar ENDEUSiast lebih paham lagi, lebih baik lihat penjelasannya di bawah ini.

1/ Cabai Merah

Masakan Indonesia tidak pernah lepas dengan penggunaan cabai merah, khususnya pada masakan khas Padang, Sumatera Barat. Jenis cabai yang satu ini lebih banyak digunakan untuk menguatkan rasa pada masakan. Bila ENDEUSiast pernah makan masakan Padang pasti akan terasa aroma cabai yang kuat, dan itu bisa menggugah selera makan ENDEUSiast.

Cabai merah memiliki ukuran yang besar, namun untuk tingkat kepedasannya lebih rendah bila dibandingkan dengan cabai rawit yang ukurannya kecil. Maka cabai merah lebih dipilih untuk dijadikan sebagai bumbu masakan, daripada untuk membuat sambal pedas. Warna merah cerah dari cabai ini juga sering digunakan sebagai pewarna makanan. Cabai ini ada 2 jenis, bila dipetik dalam kondisi masih muda disebut dengan cabai hijau.

2/ Cabai Rawit

Berbeda dengan cabai merah, jenis cabai yang satu ini lebih banyak dipilih sebagai bahan dalam membuat sambal. Di setiap masakan Indonesia rasanya kurang lengkap bila tidak ada sambal yang dijadikan sebagai teman makan. Selain dijadikan sambal, cabai rawit juga digunakan untuk olahan masakan lainnya seperti bumbu rujak buah .

Walaupun ukurannya terbilang kecil tetapi jangan ragukan untuk tingkat kepedasannya yang tinggi. Bila masih muda, cabai rawit memiliki warna hijau, sedangkan bila sudah matang akan berganti warna menjadi merah.

3/ Cabai Keriting

Ciri khas dari cabai keriting adalah bentuknya yang ramping, panjang dan keriting/bergelombang. Maka tidak heran bila disebut dengan cabai keriting. Cabai keriting juga banyak dipakai untuk bumbu pada masakan, dan terkadang juga digunakan untuk membuat sambal hijau yang bisa ENDEUSiast temukan di warung makan padang. Beragam jenis masakan Indonesia lainnya yang menggunakan cabai keriting diantaranya semur, rendang atau tumisan.

Cabai keriting juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk tubuh, asalkan dikonsumsi dengan tidak berlebihan.

Itulah beragam jenis cabai yang sering digunakan pada masakan Indonesia. Semoga ENDEUSiast bisa memanfaatkannya dengan baik dan tepat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.