Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain bumbu oregano, peterseli, atau rosemary, banyak rempah untuk membuat masakan Eropa masih asing kita dengar. Berikut beberapa yang unik.

Sebagai orang Indonesia tentu ENDEUSiast sudah tidak asing lagi dengan bermacam-macam bumbu yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Hal ini dikarenakan masakan setiap daerah di Indonesia pasti akan menggunakan bumbu dan rempah sebagai penyedap masakan. Tetapi, bukan berarti semua bumbu bisa diketahui karena di dunia ini masih banyak rempah unik untuk membuat bumbu masakan yang masih cukup asing di telinga ENDEUSiast. Kebanyakan rempah tersebut digunakan pada masakan Eropa. Apa saja jenisnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1/ Fennel

Bagi ENDEUSiast yang pernah menggunakan rempah yang bernama adas, merupakan biji yang dihasilkan dari tanaman fennel . Tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang beragam di dunia kuliner. Aroma dari fennel wangi dan terasa pedas sehingga memang cocok dijadikan sebagai bahan masakan. Bagian bijinya banyak digunakan untuk membuat bumbu masakan, campuran saus hingga taburan roti. Pada daunnya digunakan untuk bumbu masakan yang menggunakan bahan olahan daging unggas maupun seafood, atau sebagai saus untuk pelengkap suatu hidangan. Pada fennel terdapat umbi semu yang bentuknya menyerupai bawang. Bagian itulah yang biasa digunakan untuk sayuran dan dijadikan masakan seperti tumisan, sup hingga campuran salad.

2/ Borage

Tanaman yang satu ini yang digunakan adalah bagian bunganya. Borage juga sering disebut dengan bunga bintang, menjadi rempah yang terbilang cukup unik dan menarik. Rempah ini bisa diolah dalam keadaan masih segar, kering, atau menjadi minyak. Beberapa negara yang menggunakan tanaman ini sebagai bumbu masakan diantaranya adalah Yunani, Spanyol dan Jerman. Di negara-negara tersebut borage kerap dijadikan sebagai bumbu dalam sup. Sementara di Italia borage lebih sering dijadikan sebagai bumbu untuk membuat isian pasta.

3/ Tarragon

Rempah ini masih satu keluarga dengan bunga matahari. Ada banyak jenis yang digunakan untuk masakan beberapa diantaranya french tarragon, russian tarragon, dan mexican tarragon . Namun yang paling populer digunakan adalah french tarragon . Selain itu menjadi salah satu rempah andalan kuliner Perancis untuk ayam, ikan, dan telur. Hidangan populer yang menggunakan rempah ini adalah Béarnaise Sauce.

4/ Angelica

Tumbuhan yang bernama angelica ini masih satu jenis dengan peterseli. Tak hanya digunakan dalam masakan, beberapa diantaranya dimanfaatkan untuk kesehatan. Batangnya bisa diolah menjadi manisan atau ditambahkan sebagai bahan pengawet selai buah. Daunnya digunakan untuk bumbu masakan ikan yang memiliki karakteristik rasa asam, sehingga dapat menetralkan aroma amis. Bagian biji dan akarnya juga banyak dipilih untuk meningkatkan rasa pada masakan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.