Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu pengawet tidak hanya gula dan garam saja, ada pilihan bahan lainnya. Beberapa bumbu masakan sering dijadikan sebagai bahan pengawet alami.

Untuk mengawetkan makanan, kita tidak perlu menggunakan pengawet berbahan kimia, karena tentu akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Lalu bagaimana cara mengawetkan makanan yang tepat? Gunakanlah pengawet berbahan alami yang bisa ENDEUSiast dapat dari bahan bumbu masakan yang ada di dapur ENDEUSiast.

Biasanya sebagai bumbu pengawet alami lebih banyak menggunakan gula dan garam. Tetapi bila ENDEUSiast tidak punya stock gula dan garam yang cukup maka bisa menggantinya dengan bumbu lainnya. Apa saja jenis bumbu yang bisa digunakan? Liat daftarnya di sini.

1/ Bawang Putih

Selama ini kita tahu bahwa bawang putih sering dijadikan sebagai bumbu penyedap di setiap masakan. Tetapi mungkin belum banyak yang mengerti bahwa ternyata bawang putih bisa dijadikan sebagai bahan pengawet alami pada makanan. Kandungan senyawa alisin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi untuk membunuh bakteri dan mikroba, serta bisa juga sebagai anti kanker.

Senyawa alisin bekerja dengan cara mencegah terjadinya pertumbuhan protein sel bakteri, sehingga makanan bisa lebih tahan lama. Untuk menggunakannya, bisa dengan cara dibuat larutan bawang putih lalu bahan masakan tersebut direndam selama beberapa menit.

2/ Cengkeh

Bahan pengawet kimia yang banyak digunakan adalah asam benzoat. Tetapi tentu kita tahu bahwa bahan pengawet kimia tidak akan bagus untuk makanan. Maka lebih baik memang menggunakan bahan pengawet alami seperti salah satunya adalah cengkeh. Tidak perlu harus membeli asam benzoat dari bahan kimia, karena untuk mendapatkannya ENDEUSiast bisa menggunakan cengkeh.

Bumbu rempah-rempah yang satu ini dipercaya mampu mencegah tumbuhnya bakteri dan khamir pada masakan. bila ENDEUSiast menuangkan beberapa serbuk cengkeh di roti manis maka akan bertahan sekitar 8 hari kedepan.

3/ Daun Pandan

Daun pandan yang kita kenal biasanya digunakan untuk memberikan aroma harum khasnya pada masakan. Selain jadi penambah aroma, daun pandan juga kerap dijadikan untuk pewarna alami makanan yaitu hijau. Jadi bila ENDEUSiast membutuhkan pewarna makanan hijau maka gunakan saja daun pandan.

Tidak cukup sampai di situ, daun ini juga dipercaya mampu untuk mengawetkan makanan seperti tahu. Caranya adalah dengan mencampurkan ekstrak daun pandan dengan bawang putih lalu letakkan tahu di dalam rendaman tersebut. Maka tahu pun akan bisa bertahan lebih lama. Berbicara tentang tahu, ENDEUSiast bisa melihat resep masakan dari bahan baku tahu yaitu resep pepes tahu goreng .

Itulah beberapa bumbu pengawet alami yang bisa ENDEUSiast gunakan bila tidak ada gula maupun garam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.