5 Bumbu Agar Seafood Panggang Terasa Makin Endeus. Apa Saja?
5 Bumbu Agar Seafood Panggang Terasa Makin Endeus. Apa Saja?

Jenis bumbu yang tidak hanya digunakan sebagai bumbu marinasi tapi juga olesan ketika memanggang seafood

Seafood panggang akan makin terasa lezat dengan penambahan bumbu marinasi maupun bumbu olesan. Apa saja bumbu seafood panggang yang dapat digunakan?

Seafood panggang memang cocok dipadukan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga rasa seafood semakin gurih dan endeus. Di Indonesia, ada berbagai macam jenis bumbu untuk seafood grill. Bumbu ini biasanya tidak hanya digunakan sebagai bumbu marinasi tapi juga olesan ketika memanggang seafood. Selain itu, bumbu juga membuat rasa seafood tetap moist dan tidak kering. Berikut ini beberapa bumbu untuk olahan seafood grill populer di Indoneisa.

1.

Bumbu Kecap

Bumbu kecap adalah salah satu bumbu seafood panggang yang populer di Indonesia. Bumbu yang satu ini mempunayai cita rasa manis sehingga membuat tampilan seafood mengkilap ketika dipanggang. Bahan dasar bumbu kecap ini adalah kecap manis dan kecap asin. ENDEUSiast bisa menambahkan bahan lain seperti jeruk nipis, bawang putih, dan lainnya. Bumbu kecap ini cocok digunakan untuk sajian ikan bakar , sate cumi, sate udang, hingga sate kerang.

1.

Bumbu Kuning

Bumbu kuning juga menjadi salah satu bumbu seafood yang banyak digemari. Berbeda dengan bumbu kecap, bumbu kuning ini menggunakan lebih banyak rempah-rempah sehingga rasanya gurih dan aromanya harum. Bumbu yang digunakan untuk bumbu kuning ini adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, dan sebagainya. Bumbu kemudian dimasak hingga matang dan kemudian digunakan untuk rendaman seafood. Bumbu kuning ini cocok untuk ikan bakar, udang bakar, dan sebagainya.

1.

Bumbu Rica-Rica

Bumbu rica-rica adalah salah satu bumbu yang bisa digunakan untuk berbagai masakan salah satunya adalah seafood bakar. Salah satu ciri bumbu rica-rica adalah rasa pedas karena kombinasi cabe rawit dan cabe merah. Selain itu, rica-rica juga menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, bawnag putih, serai, dan daun jeruk. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis hingga matang, setelah itu bumbu bisa digunakan untuk marinasi atau olesan seafood.

1.

Bumbu Jimbaran

Bumbu Jimbaran adalah salah satu varian bumbu seafood bakar yang populer dari Bali. Bumbu yang satu ini menggunakan banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, asam jawa, kunyit, dan jahe. Semua bumbu dihaluskan kemudian ditumis hingga matang namun tetap sedikit cair. Bumbu ini kemudian digunakan sebagai olesan pada seafood dan dipanggang hingga matang. Sebagai pelengkap seafood panggang bumbu Jimbaran ini disajikan dengan sambal matah yang segar dan pedas.

1.

Bumbu Pedas Manis

Bumbu pedas manis sekilas terlihat mirip dengan bumbu kecap namun rasanya lebih dominan pedas dan manis. Bumbu pedas ini menggunakan cabai rawit merah dan cabai keriting sehingga rasanya pedas. Sebagai bumbu olesan seafood, bumbu pedas manis ini bisa dicampur sedikit minyak agar seafood tidak lengket ketika dipanggang.

ENDEUSiast langung ingin menyantap seafood denga bumbu-bumnya yang menggugah selera? Yuk, cek resep-resepnya di website atau aplikasi Endeus!

Endeustorial

Ikuti Instagram