Memasak ikan bakar di akhir pekan tanpa repot? Simpel saja siapkan bumbu ini

Saat akhir pekan tiba saatnya menyiapkan menu andalan. Mengapa tidak coba membakar ikan? Ikan selalu menjadi bahan favorit saat barbeque . Tak perlu repot membuat bumbu, karena ada bumbu praktis yang bisa ENDEUSiast buat dengan varian 5 bumbu ini

1/ Bumbu Kecap

Suka ikan yang diolah manis? Bumbu kecap bisa jadi juaranya. Eiitss! bukan hanya kecap, namun kecap ini diberi tambahan bumbu, seperti merica, garam, bawang putih, bawang merah, hingga jeruk nipis.

Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, garam. Masukkan ke dalam kecap manis dan berikan perasan air jeruk nipis. Setelah tercampur rata, oleskan bumbu ini keseluruh bagian ikan saat dibakar.

2/ Bumbu Kuning

Bosan dengan ikan berbumbu manis? Harus coba bumbu kuning dengan cita rasa bumbu yang lebih gurih dan warna yang kuning. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, merica, lengkuas, dan garam.

Oleskan bumbu halus ke seluruh bagian badan ikan di kedua sisinya. Bagi pecinta pedas, tambahkan gerusan cabe merah dan berikan sedikit perasan jeruk nipis atau limau.

3/ Bumbu Rica-Rica

Orang Manado pasti tidak asing dengan bumbu ikan yang satu ini. Biasanya bumbu rica digunakan untuk membumbui ikan baronang, namun tak ada salahnya menggunakan ikan lain. Bumbu rica sendiri adalah bumbu halus dari bawang putih, kunyit, lada, garam, cabe merah, cabe rawit, daun jeruk, serai, dan jahe.

Setelah ikan dibelah, lumuri dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Campurkan semua bahan hingga halus. Sampai tahap ini ENDEUSiast bisa tumis bumbu dahulu jika ingin aromanya lebih kuat. Namun, jika tidak bumbu bisa langsung dioleskan merata sehingga saat dibakar ikan lebih kuat rasa bumbunya.

4/ Bumbu Pedas Manis

Jika dilihat bumbu pedas manis sebenarnya hampir mirip dengan bumbu kecap, namun perbedaannya terletak pada rasanya yang pedas manis karena tambahan cabe merah keriting, cabe rawit merah, hingga gula pasir dan garam.

Campurkan minyak dengan kecap manis dan air jeruk limau dan tambahkan bumbu halus hingga merata. Oleskan ke seluruh bagian ikan secara merata dan bakar hingga ikan sedikit kering.

5/ Bumbu Jimbaran

Masyarakat Bali punya bumbu ikan unik yang wajib untuk dicoba, yaitu bumbu Jimbaran. Jimbaran sendiri merupakan nama daerah yang ada di Bali. Bumbunya pun dibuat menggunakan bahan sederhana, seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah. asam Jawa, garam, kunyit.

Haluskan bahan di atas, dan tumis menggunakan sedikit minyak hingga aromanya haris, dan berikan sedikit air agar teksturnya lebih cair. Oleskan pada tubuh ikan secara merata sebelum dibakar. Jangan lupa membuat sambal matah yang pedas dan segar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.