Bumbu Eksotis Khas Masakan Indonesia yang Wajib Diketahui para Pemasak
Bumbu Eksotis Khas Masakan Indonesia yang Wajib Diketahui para Pemasak

Bumbu pada Masakan Indonesia terkenal sangat kuat dan khas. Apakah ENDEUSiast sudah tahu macam-macam bumbu khas Masakan Indonesia berikut ini?

Bumbu pada Masakan Indonesia terkenal sangat kuat dan khas. Apakah ENDEUSiast sudah tahu macam-macam bumbu khas Masakan Indonesia berikut ini?

Masakan Indonesia terkenal sebagai masakan yang kaya akan bumbu. Memang hampir semua masakan Indonesia menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang melimpah sehingga mempunyai rasa dan aroma yang kuat. Bumbu dan rempah yang digunakan berbeda dengan masakan dari negara lain. Berikut ini beberapa bumbu eksotis yang banyak digunakan untuk masakan Indonesia.

1.

Andaliman

Andaliman adalah tumbuhan sejenis merica dengan biji yang juga mirip merica. Bumbu yang satu ini memang tidak sepopuler merica, namun banyak digunakan untuk masakan khas Batak. Bahkan Andaliman ini juga disebut sebagai merica khas Batak karena berasal dari daerah tersebut. Di samping penggunaannya yang terbatas, Andaliman ini juga tidak tersedia terlalu banyak apalagi di luar daerah Batak. Di dunia kuliner, Andaliman ini mirip dengan sizchuan pepper atau merica khas sizchuan yang berasal dari Cina.

1.

Kemukus

Masih dalam kategori lada, kemukus adalah salah satu bumbu yang banyak digunakan untuk masakan Indonesia. Bumbu yang satu ini biasa disebut sebagai lada Jawa atau cabai Jawa. Bentuk kemukus ini kecil dengan kulit yang kasar mirip dengan merica hitam. Kemukus biasanya digunakan sebagai bumbu dalam bentuk kering atau bubuk. Selain untuk bumbu, kemukus juga diolah menjadi ekstrak untuk mendapatkan minyak atsirinya.

1.

Pulosari

Pulosari adalah salah satu bumbu yang banyak digunakan untuk masakn gulai atau kare. Bumbu yang satu ini biasa disebut sebagai palasan. Sebenarnya, Pulosari ini diambil dari biji tumbuhan adas dan biasa disebut dengan Adas Pulosari atau Adas Pulowaras. Dalam dunia kuliner, bumbu yang satu ini dikenal sebagai fennel seeds dan banyak digunakan untuk kuliner India hingga Timur Tengah.

1.

Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu rempah yang disebut-sebut sebagai yang paling mahal di dunia. Rempah yang satu ini mempunyai bentuk yang kecil, bulat, dan berwarna hitam. Dalam Bahasa Inggris, kapulaga biasa disebut dengan cardamon dan banyak digunakan untuk berbagai macam kuliner. Selain untuk bumbu masakan, kapulaga ini juga banyak digunakan sebagai jamu.

1.

Mesoyi

Mesoyi adalah salah satu rempah kayu yang juga banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Rempah yang satu ini mempunyai tampilan yang mirip dengan kayu manis namun dengan kulit yang lebih tebal. Selain untuk masakan, mesoyi juga banyak digunakan sebagai campuran bahan untuk minuman.

1.

Kayu Secang

Kayu Sadalah salah satu rempah yang juga banyak digunakan dalam kuliner Indonesia. Rempah yang satu ini memang tidak digunakan untuk masakan namun lebih banyak digunakan untuk minuman seperti Wedang Uwuh, Bir Pletok, dan sebagainya. Hal ini karena Kayu Secang mempunyai warna merah alami dan aroma yang segar ketika direbus. Dalam bahas Inggris, kayu secang dikenal dengan sappanwood.

Pernahkah ENDEUSiast menggunakan salah satu dari bumbu di atas untuk memasak? Jika belum, mungkin ENDEUSiast bisa mencobanya!

Endeustorial

Ikuti Instagram