Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Memasak ikan tentu memerlukan bumbu khusus agar rasanya menjadi spesial. Ini lho bumbu yang digunakan untuk masak ikan di Asia Timur.

Negara-negara di Asia Timur mempunyai cara yang unik dalam mengolah ikan. Ikan adalah salah satu makanan favorit banyak orang di negara-negara tersebut. Saking senangnya mereka dengan ikan, ada beberapa olahan ikan yang dimakan secara mentah seperti sushi di Jepang.

Selain dimakan mentah, ikan juga banyak diolah menjadi masakan yang lain yang berbeda dengan cara memasak di Asia Tenggara atau negara yang lain. Berikut ini beberapa bumbu dasar yang biasa digunakan untuk memasak ikan di negara-negara Asia Timur?

1/ Anggur Beras

Anggur beras sebenarnya mempunyai fungsi yang sama dengan anggur putih pada kuliner Perancis. Anggur beras ini biasanya digunakan dalam masakan Jepang sebagai penambah rasa sedap pada masakan.

2/ Cuka Beras

Selain anggur beras, cuka beras juga banyak digunakan dalam berbagai masakan ikan di Asia Timur. Cuka beras ini biasanya digunakan sebagai bumbu, vinaigrettes, dan juga bahan saus pencelup seperti pada sushi.

3/ Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga banyak digunakan di negara Asia Timur ketika mengolah ikan. Daun ini mempunyai aroma dan rasa yang sedap sehingga membuat masakan ikan menjadi lezat.

4/ Jahe

Jahe juga menjadi salah satu rempah yang hampir selalu digunakan ketika mengolah ikan di Asia Timur. Jahe mempunyai aroma yang kuat sehingga berfungsi menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, jahe juga menambahkan rasa pedas yang sedap pada kuah sup.

5/ Kecap Ikan

Masakan olahan ikan juga banyak yang memakai kecap ikan. Kecap ikan ini mempunyai aroma khas seafood dengan rasa yang asin. Sehingga kecap ikan banyak digunakan sebagai pengganti garam pada masakan-masakan ikan.

6/ Saus Atau Pasta Cabe

Saus cabai adalah salah satu bumbu yang biasa digunakan untuk mengolah ikan di negara-negara Asia Timur. Ada banyak jenis saus cabai yang biasanya digunakan seperti Szechuan chilli paste dari Cina, Saus sriracha dari Thailand, Gochujang dari Korea Selatan, dan sebagainya. Saus cabai digunakan untuk menambah rasa pedas pada masakan.

7/ Bumbu Pasta

Bumbu pasta yang dimaksud disini bukan pasta dari Italia namun bumbu dalam bentuk pasta yang biasa digunakan untuk makanan-makanan di Asia Timur. Di Jepang ada pasta miso yang biasanya digunakan untuk bumbu pada sup ikan, sedangkan di Korea Selatan ada pasta doenjang yang merupakan fermentasi dari kedelai yang biasanya digunakan untuk berbegai masakan sup.

8/ Kecap Asin

Tidak lengkap rasanya membahas bumbu-bumbu khas Asia Timur tanoa Kecap asin. Hampir semua kuliner di negara-negara Asia Timur pasti menggunakan kecap asin sebagai salah satu bumbunya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.