Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu dengan cita rasa pedas sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Ada jenis bumbu pedas selain cabai yang bisa ENDEUSiast pilih.

Untuk mendapatkan rasa pedas pada masakan, biasanya orang Indonesia akan menggunakan cabai sebagai bahan utamanya seperti cabai merah, cabai rawit hingga cabai keriting. Selain digunakan untuk melezatkan masakan, cabai juga dipercaya mampu menggugah selera makan seseorang. Tetapi bagaimana bila cabai saat ini sedang mahal?

Jangan khawatir. Masih ada alternatif bumbu pedas lainnya yang bisa ENDEUSiast jadikan sebagai pengganti cabai. Berikut di bawah ini dijelaskan beragam jenis bumbu masakan pedas yang bisa ENDEUSiast gunakan.

1/ Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis bumbu khas Indonesia yang populer di dunia. Tidak hanya dijadikan sebagai rasa pedas pada masakan, jahe juga bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh. Maka tidak heran bila minuman sejenis wedang ronde banyak dipilih untuk hidangan dikala dingin karena bahannya yang menggunakan jahe. Aroma jahenya pun cukup terasa, ENDEUSiast bisa mengetahui dengan mudah apakah masakan tersebut menggunakan jahe atau tidak.

Rasa pedas dan sensasi hangat pada jahe ini didapat dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya yaitu zingreon . Fungsi dari senyawa ini adalah untuk mencegah rasa dingin yang masuk pada tubuh.

2/ Lada

Lada yang memiliki nama lain merica ini bisa ENDEUSiast jadikan sebagai pengganti rasa pedas pada masakan. Bumbu khas Indonesia ini banyak digunakan untuk masakan berkuah seperti sup. Bumbu ini memiliki ciri khas dengan bentuknya yang kecil dan bulat. Ada yang berwarna putih dan juga yang hitam. Untuk mengolahnya bisa dengan cara diulek atau diblender dengan bumbu lainnya. Bila ingin lebih praktis lagi bisa gunakan bubuk lada sehingga ENDEUSiast tidak perlu repot menghaluskannya terlebih dahulu.

Sama halnya dengan jahe, lada juga bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh ketika ENDEUSiast memakannya. Tapi untuk tingkat kepedasannya masih lebih tinggi lada bila dibanding jahe. Jadi bila ENDEUSiast ingin masakan terasa pedas, gunakanlah bumbu lada.

3/ Wasabi

Bumbu yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia, melainkan Jepang. Tetapi untuk soal memberikan rasa pedas, wasabi bisa diandalkan. Untuk membuat wasabi, biasa menggunakan bahan sejenis umbi yang ada di Jepang. Di Indonesia ENDEUSiast bisa menemukannya dalam bentuk bubuk ataupun pasta. Bagi ENDEUSiast pecinta masakan super pedas maka bumbu wasabi cocok ENDEUSiast gunakan. Pada kuliner Jepang, wasabi lebih banyak digunakan untuk membuat sashimi, sushi atau ramen pedas.

Kini kalian bisa menggunakan bumbu tersebut sebagai bahan masakan atau minuman penghangat tubuh. Selamat mencobanya ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.