Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Dikenal dengan nama french fries, tetapi kenapa kentang goreng bukan berasal dari Prancis?

Kentang goreng merupakan salah satu makanan side dish yang tersedia pada restoran cepat saji asal negara-negara Barat. Paling enak memang disajikan bersama burger. Seperti ada yang kurang lengkap jika makan burger tanpa kentang goreng. Setuju?

Kentang goreng dalam bahasa Inggris disebut dengan french fries. Ada kata french yang berarti negara Prancis. Makanya banyak yang salah kira kalau camilan ini berasal dari negeri mode dunia ini. Atau kamu salah satunya yang menyangka kentang goreng juga berasal dari Prancis?

Ternyata camilan enak yang memiliki berbagai macam topping ini berasal dari Belgia. Berawal ketika perang dunia pertama, tentara dari Amerika Serikat yang sedang berada di Belgia diberi makanan lokal. Makanan ini mirip seperti kentang goreng. Nah karena pada saat itu tentara Belgia menggunakan Bahasa Prancis, jadi pada saat itu tentara Amerika menyebutnya sebagai french fries.

Dikutip dari Viva.co.id, Duta Besar Belgia untuk Indonesia mengatakan mengolah kentang dengan menggorengnya dalam minyak yang banyak berasal dari Belgia. Karena sebelumnya mengolah kentang hanya direbus saja tidak digoreng seperti sekarang ini.

Bahkan kentang goreng menjadi budaya kuliner di sana. Semua masyarakatnya doyan dan sering mengonsumsi kentang goreng. Sampai-sampai di sana sempat ada 51 ribu kedai kentang goreng saking populernya.

Selain digoreng, kentang juga memiliki berbagai olahan lain yang nggak kalah enaknya ketika disantap. Sebut aja seperti baked potato yang menjadi primadona di salah satu gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat. Atau ada juga mashed potato yang merupakan kentang rebus yang dihaluskan. Biasanya disajikan bersama steik dengan saus di atasnya.

Kentang goreng sendiri sekarang memiliki banyak olahan. Ada yang berbentuk melingkar atau biasa disebut curly fries, hingga berbagai macam bentuk lainnya.

Untuk condiments -nya sendiri ada banyak sekali perbedaan tergantung di negara mana ia disajikan. Misalnya, di Amerika Serikat lebih menyukai cocolan dengan saus tomat, di negara-negara Eropa lebih suka dengan mayonais.

Jangan lupakan juga keju sebagai bumbu cocolan untuk kentang gorengmu. Karena begitu kentang ketemu dengan keju cair, rasa endeusnya emang susah banget untuk ditolak. Dijamin akan nagih banget buat dimakan terus menerus.

Kalau kamu sendiri lebih suka kentang goreng yang dipadukan dengan apa? Bagikan bersama kita ya.

Oia, untuk tau lebih banyak cerita mengenai kuliner dari negara-negara Barat, Asia, dan Indonesia, jangan lupa untuk datang ke Endeus Festival di Gandaria City pada tanggal 25-27 Oktober. Di sana akan banyak sekali informasi-informasi menarik seputar dunia kuliner dari para pakar, jajanan menarik yang bisa langsung dinikmati, live cooking demo, art installation yang bisa menjadikan foto Instagram lebih menarik, hingga bisa mempercantik dapur dengan berbagai pilihan barang-barang yang dijual oleh para tenants.

So, jangan sampe kelewatan ya keseruannya. Sampai bertemu di sana.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.