Ada beragam jenis kurma yang bisa ditemukan saat bulan puasa tiba. Simak 6 jenis kurma berikut yang bisa ENDEUSiast pilih untuk buka puasa.

Kurma adalah salah satu makanan yang berasal dari daerah Timur Tengah. Makanan yang satu ini memang khas disajikan ketika buka puasa karena rasanya yang manis dan legit. Selain rasanya yang manis, kurma juga mempunyai banyak manfaat dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan soperti kue, smoothies kurma , dan kudapan yang lain.

Selama ini banyak orang yang mengira bila semua jenis kurma adalah sama. Padahal jenis yang berbeda juga mempunyai bentuk yang berbeda pula. Selain itu, rasa dan harganya juga berbeda pula. Berikut ini beberapa jenis kurma yang biasa dikonsumsi sebagai camilan buka puasa.

1/ Kurma azwa

Kurma azwa adalah salah satu jenis kurma yang cukup populer di Indonesia. Jenis kurma ini juga dikenal sebagai kurma favorit Nabi Muhammad SAW dan biasan disebut sebagai kurma nabi. Kurma azwa ini mempunyai warna yang hitam pekat, ukuran kecil, dan rasanya manis seperti kismis.

2/ Kurma khidri

Bila ENDEUSiast berniat ingin mengolah kurma, kurma khidri adalah pilihan yang paling baik. Jenis kurma ini mempunyai wanra merah tua dengan daging yang lebih kering dan kenyang. Rasa kurma ini tidak terlalu manis sehingga bila diolah menjadi makanan buka puasa yang lain akan sangat lezat.

3/ Kurma barhi

Kurma barhi mempunyai ciri daging yang tebal dan lembut serta rasanya yang manis. Jenis kurma ini berbentuk silinder dengan warna coklat gelap. Bila dimakan, kurma ini akan langsung lumer sepertu caramel. Sehingga kurma barhi sangat cocok untuk camilan buka puasa.

4/ Kurma holwah

Kurma ini juga sering disebut dengan kurma halawi. Jenis kurma ini mempunyai daging yang tebal dan empuk serta rasa yang sangat manis. Sehingga sangat cocok bila dijadikan camilan untuk buka puasa. Ciri kurma holwah ini adalah warna yang coklat kehitaman, ukuran yang besar, dan permukaannya mulus tanpa kerut.

5/ Kurma deglet noor

Bila kurma holwah mempunyai rasa yang sangat manis, lain halnya dengan kurma deglet noor yang mempunyai rasa tidak terlalu manis. Kurma ini cocok untuk ENDEUSiast yang tidak terlalu menyukai makanan manis. Ciri kurma ini bisa dilihat dari warnanya yang kuning keemasan, ukuran yang sedang, serta daging yang empuk.

6/ Kurma thuri

Salah satu kurma yang bisa disimpan dalam waktu yang lama adalah kurma thuri.. Kurma ini berwarna coklat kemerahan dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama karena daging buahnya cenderung kering dan permukaannya keriput. Rasa kurma thuri ini tetap manis dan cocok untuk camilan buka puasa.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.