Membuat es pisang ijo tentu tak bisa lepas dari bubur sumsum. Bagaimana cara membuat bubur sumsum untuk isian es pisang ijo supaya tidak menggumpal?

Bubur sumsum adalah bubur dari bahan dasar tepung beras yang memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Biasanya bubur sumsum disajikan bersamaan dengan kuah khasnya yaitu kuah gula jawa. Bubur sumsum juga digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai kudapan, termasuk Es Pisang Ijo.

Memasak bubur sumsum bisa jadi tantangan tersendiri. Mungkin terlihat gampang dan sepele, tapi jika tidak berhati-hati dan tidak dilakukan dengan benar, bubur sumsum buatan ENDEUSiast bisa jadi menggumpal.

Tentu bubur sumsum yang menggumpal tidak akan indah jika disajikan, apalagi jika disajikan sebagai bagian dari Es Pisang Ijo yang cantik. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa ENDEUSiast lakukan supaya bubur sumsum buatan ENDEUSiast lembut dan tentunya enak :

1/ Pilih Tepung Beras dan Santan yang Baik

Kualitas tepung beras tentu menentukan kualitas bubur sumsum pula. Sebaiknya ENDEUSiast gunakan tepung beras yang berwarna putih mengkilap dan tidak berbau apek. Selain tepung beras, ENDEUSiast juga hendaknya memilih santan yang baik. Akan lebih baik jika ENDEUSiast menggunakan santan segar dari perasan buah kelapa langsung daripada santan kemasan. Karena hal ini akan menambah kenikmatan dari bubur sumsum yang ENDEUSiast buat.

2/ Larutkan Tepung Beras

Sebelum ENDEUSiast memasak bubur sumsum atau memanaskan adonan bubur sumsum di atas kompor, sebaiknya larutkan atau cairkan dulu tepung beras dengan sedikit santan di mangkuk yang terpisah.

Aduk dan larutkan tepung beras dan santan sampai licin. Nah, setelah itu barulah ENDEUSiast bisa memindahkannya ke panci untuk dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk mencegah menggumpalnya bubur sumsum yang ENDEUSiast masak. Dengan cara ini, bubur sumsum akan memiliki tekstur yang lembut.

3/ Masak dengan Api Sedang

Masukkan lagi santan yang sudah ENDEUSiast siapkan ke dalam adonan yang sudah ENDEUSiast tuang di panci. ENDEUSiast juga bisa menambahkan daun pandan garam secukupnya sesuai selera. Setelah itu, masaklah bubur sumsum dengan api sedang. Ingat, ENDEUSiast harus terus mengaduk adonan bubur sumsum sampai kental dan mendidih. Bubur harus benar-benar matang, sampai meletup-letup, supaya ketika disajikan tidak lagi ada bau tepung yang masih mentah.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat bubur sumsum es pisang ijo supaya tidak menggumpal dan tetap cantik saat disajikan. ENDEUSiast juga bisa berkreasi dengan resep es pisang ijo dan minuman lainnya seperti Es Pisang Ijo , Smoothie Pisang Kurma , dan Es Campur Kekinian

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.