Buat yang Suka Durian, Udah Pernah Coba Sajian-sajiannya Berikut Ini?
Buat yang Suka Durian, Udah Pernah Coba Sajian-sajiannya Berikut Ini?

Bagi para pecinta durian, udah tau kan kalau banyak sekali sajian yang dibuat darinya. Nah, berikut ini adalah berbagai sajian dari durian.

Nggak semua orang memang menyukai durian. Mungkin dikarenakan aroma dari buah ini yang cukup kuat. Tapi kalau ada yang suka, maka orang tersebut juga akan suka dengan berbagai oalahan dari buah yang memiliki kulit tajam ini.

Durian nggak hanya enak dimakan secara langsung tetapi juga bisa diolah menjadi aneka kuliner yang nggak kalah enaknya. Bisa-bisa langsung ketagihan setelah mencobanya.

Sebenarnya nggak begitu sulit menemukan kreasi olahan dari si raja buah ini karena banyak yang menjualnya. Apalagi harganya relatif terjangkau, sehingga banyak diburu oleh penggemar durian.

Nah, sekarang kira-kira apa aja olahan dari buah durian? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

1. Es krim durian

Es krim durian bisa ditemukan dengan cukup mudah di sepanjang jalanan Kota Bandung dan Bogor. Es krim durian ini menjadi perpaduan yang sempurna antara lembutnya es krim dengan daging durian. Sangat cocok kamu nikmati ketika cuaca sedang panas.

Es krim durian memiliki ciri khas yang udah terkenal banget, yaitu gelas plastik yang memiliki motif polka-dot merah putih.

Untuk membuat es krim durian ini caranya sama dengan es krim lainnya. Kita hanya perlu menyiapkan daging dari durian yang sudah matang. Supaya lebih enak, kita bisa menambahkan toping kental manis cokelat.

2. Sop durian

Masih terkait dengan sajian yang menyegarkan, kita juga bisa mencoba sop durian. Sama seperti dengan sop buah pada umumnya, untuk sop durian pastinya menggunakan bahan utama yaitu daging durian.

Tapi jelas bukan cuma durian aja. Kita juga bisa menambahkan aneka isian dari buah-buahan lainnya. Ada anggur, pir, apel, melon, parutan keju, susu kental manis dan jangan lupa es batu. Sajian menyegarkan dari buah durian ini cukup populer. Bahkan kita bisa menemukannya di beberapa restoran atau kafe khusus.

3. Pancake durian

Yang satu ini mungin udah nggak asing lagi buat kita. Umumnya pancake durian yang dijual di pasaran adalah kulit dadar yang berisi campuran daging durian dan krim. Teksturnya yang lembut dan creamy dari pancake durian ini akan lumer di mulut.

Bila nggak mau menggunakan krim dari whipped cream , kita bisa menggantinya dengan isian lainnya seperti enten durian. Enten durian merupakan isian pancake yang terbuat dari bahan kombinasi antara daging durian, gula merah dan parutan kelapa, dan gula merah.

Hasil akhirnya udah pasti enak dan bisa langsung menyegarkan mulut. Tertarik untuk membuatnya? Bisa melihat resep pancake kenduren ini.

4. Serabi durian

Bagi penyuka jajanan dan sedang berkunjung ke daerah Jawa Barat, wajib mencoba salah satu camilan khasnya yaitu serabi. Bahan pembuatannya terdiri dari tepung beras, santan dan garam. Barulah diisi dengan aneka isian sesuai selera.

Jika ingin membuat serabi durian maka kamu hanya perlu menambahkan daging buah durian ke dalam adonan serabi. Lebih enak lagi bila disantap dengan cocolan saus gula merah yang manis.

5. Ketan durian

Ketan durian menjadi salah satu dessert gurih yang cukup populer bagi para pecinta durian. Untuk membuat ketan durian, pertama-tama kamu harus kukus ketan putih yang telah direndam semalaman. Setelah itu, sajikan bersama daging durian. Beri juga taburan keju, kelapa dan saus duri kental supaya lebih lezat.

Dari semua kuliner olahan durian, yang mana yang menjadi favoritmu? Bagikan bersama kami ya.

Endeustorial

Ikuti Instagram