Buat Masakan Serba Tahu yang Edeus, Berawal Dari Mengolah Tahu yang Baik
Buat Masakan Serba Tahu yang Edeus, Berawal Dari Mengolah Tahu yang Baik

Untuk membuat masakan serba tahu di awali dengan memilih tahu yang baik. Kemudian mengolahnya juga perlu diperhatikan. Begini tipsnya.

Tahu adalah salah satu makanan yang nggak bisa dipisahkan dari berbagai kuliner Indonesia. Bersama dengan tempe, tahu menjadi salah satu lauk pauk dan sumber protein nabati favorit.

Bahan makanan yang satu ini sudah banyak diolah menjadi berbagai kuliner Indonesia seperti kupat tahu , tumis tahu , tahu gejrot, dan sebagainya. Mengolah tahu sebenarnya nggak begitu susah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa cara membuat masakan serba tahu yang endeus.

1. Kenali jenis tahu

Meskipun sama-sama terbuat dari kedelai, namun nyatanya tahu memiliki berbagai jenis. Tahu putih adalah tahu yang paling umum dijual di pasar, namun selain itu ada pula jenis tahu kuning, tahu sutera, kembang tahu, dan sebagainya.

Setiap tahu ini digunakan untuk jenis makanan yang berbeda-beda karena teskturnya juga berbeda. Misalnya tahu goreng digunakan untuk membuat tahu isi atau tahu bakso. Sedangkan tahu putih lebih mudah digunakan untuk berbagai masakan mulai dari tumis hingga sup.

2. Buang air rendaman

Ketika di pasar, tahu selalu direndam dalam air untuk menjaga teksturnya tetap bagus. Namun tahu yang terlalu lama direndam dalam air yang nggak diganti akan berubah menjadi asam dan rasanya menjadi nggak sedap lagi.

Oleh karena itu, setelah membeli sebaiknya buang air rendaman. Sebelum disimpan, tahu harus dicuci hingga bersih kemudian rendam dengan air yang baru. Bila dirasa tahu masih berbau asam, kita bisa merendamnya menggunakan air hangat. Selain itu, air rebusan tahu juga harus diganti setiap hari agar rasa tahu tetap terjaga dan nggak lagi asam.

3. Gunakan bumbu yang tepat

Rasa tahu memang secara alami sedikit hambar karena selalu direndam dengan air. Untuk menyiasati rasa tahu yang hambar dan juga aromanya yang asam, kita bisa menggunakan bumbu-bumbu yang beragam.

Misalnya untuk membuat tahu goreng, kita bisa merendam tahu dengan bumbu seperti bawang putih, garam, merica, kunyit, dan ketumbar. Bumbu yang beragam ini akan menyamarkan aroma tahu yang kurang sedap.

4. Olah tahu dengan cara yang tepat

Beberapa makanan ada yang mengharuskan tahu untuk dihaluskan terlebih dahulu seperti tahu sakura, pepes tahu, rolade tahu, dan sebagainya. Agar rasa tahu tetap enak sebaiknya gunakan wadah terpisah untuk menghaluskan tahu.

Usahakan air rendaman tahu nggak ada yang ikut masuk ke dalam masakan karena akan menyebabkan rasanya menjadi asam. Bila perlu, peras tahu terlebih dahulu untuk mengurangi rasa asam.

5. Teknik pemotongan tahu

Bila ingin memasak tahu yang bertekstur lembut seperti tahu telur, tahu sutera, dan sejenisnya, sebaiknya gunakan pisau yang tajam untuk memotongnya. Dengan cara ini bentuk tahu bisa tetap bagus dan nggak mudah hancur ketika dimasak. Selain itu, jangan potong tahu dengan ukuran yang kecil karena mudah hancur ketika dimasak nanti.

Gimana, sekarang udah siap untuk berkreasi membuat masakan serba tahu di rumah?

Endeustorial

Ikuti Instagram