Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Rasa manis dan asam pada buah bisa membuat rasa masakan lebih lezat. Berikut beberapa buah yang bisa ditambahkan pada masakan gurih.

Mencampur buah dalam masakan gurih memang bukan suatu hal yang umum untuk dilakukan. Beberapa orang lebih memilih memisahkan kedua jenis makanan tersebut karena buah dirasa tidak cocok untuk masakan dengan citarasa gurih Padahal kalau diolah dengan tepat, rasa manis dan asam pada buah bisa membuat rasa masakan lebih lezat. Berikut beberapa buah yang bisa ditambahkan pada masakan gurih.

1/ Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang sudah umum dimasukkan kedalam masakan. Kuliner Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan sekitarnya sudah menggunakan mangga untuk masakan gurih. Jenis mangga yang digunakan adalah mangga muda atau setengah matang yang teksturnya masih keras dan rasanya asam. Mangga muda ini cocok untuk campuran salad mangga , sambal mangga, pepes, sup ikan, dan sebagainya.

2/ Nanas

Sama halnya dengan mangga, nanas adalah salah satu buah yang juga banyak dicampurkan dalam masakan gurih. Rasa nanas yang manis dan asam membuat masakan menjadi terasa segar dan lebih gurih. Nanas lebih cocok dicampurkan dalam makanan yang berbahan dasar ikan atau seafood seperti kakap asam manis, acar bandeng, pindang patin, dan sebagainya. Karena aromanya kuat, nanas juga bisa mengurangi bau amis pada ikan dan seafood.

3/ Alpukat

Alpukat tidak hanya lezat bila dijadikan jus, namun juga sebagai salah satu tambahan pada masakan gurih.

Olahan alpukat dengan rasa gurih yang paling populer adalah guacamole dan avocado salsa. Alpukat memberikan rasa gurih dan creamy pada makanan. Selain dua makanan tersebut, alpukat juga bisa ditambahkan sebagai isian kebab, taco, hingga salad.

4/ Jeruk/Lemon

Buah jeruk atau lemon adalah buah yang paling sering dicampurkan dalam masakan. Jeruk atau lemon biasanya digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada makanan. Selain fungsi tersebut, jeruk atau lemon juga bisa digunakan sebagai aneka saus seperti saus lemon dan saus jeruk untuk sajian ayam goreng atau ikan panggang.

Meskipun jeruk dan lemon bisa membuat masakan menjadi lebih sedap, namun penambahannya tetap harus diperhatikan karena kalau berlebihan bisa membuat makanan menjadi terlalu asam bahkan terasa pahit.

5/ Tomat

Tomat juga merupakan salah satu buah yang sering ditambahkan untuk masakan gurih. Biasanya tomat digunakan untuk saus tomat, salsa, ataupun saus pizza. Kalau di Indonesia, tomat biasanya digunakan untuk sambal, balado, tumis sayuran, dan sebagainya.

6/ Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga merupakan salah satu buah yang umum ditambahkan dalam masakan gurih. Rasa belimbing wuluh yang asam membuat masakan menjadi terasa segar dan tidak amis. Biasanya masakan yang ditambahkan dengan belimbing wuluh adalah garang asem, sayur asem, pepes, dan sebagainya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.