Buah Yang Sering Ditambahkan dalam Masakan
Buah Yang Sering Ditambahkan dalam Masakan

Buah berikut sangat fleksibel menjadi bahan tambahan dalam sajian gurih. Seperti apa penggunaanya, yuk langsung saja simak.

Umumnya, buah biasanya dicampurkan dalam makanan dengan citarasa manis atau dessert. Perpaduan buah dengan masakan dengan citarasa asin memang bukan hal yang umum namun bukan tidak mungkin. Menggunakan buah untuk masakan asin nyatanya bisa menambah citarasa dari makanan tersebut. Rasa manis dari buah berbeda dengan manis dari gula. Buah yang digunakan untuk masakan asin juga tidak sembarangan. Berikut ini beberapa buah yang sering ditambahkan dalam masakan asin.

1/ Alpukat

Alpukat mungkin lebih sering dipadukan dengan es buah. Namun di luar negeri, alpukat biasa dicampurkan dengan masakan asin. Misalnya sebagai isian roti tawar, campuran salad sayur, California sushi roll, dan bahkan bahan utama untuk guacamole atau saus alpukat ala Meksiko. Rasa alpukat yang gurih dan sedikit manis membuat buah yang satu ini sangat cocok dipadukan dengan makanan asin. Selain itu, tekstur alpukat yang creamy dan lembut membuat makanan menjadi semakin gurih.

2/ Jeruk

Jeruk tersedia dalam berbagai macam, namun yang sering digunakan campuran untuk makanan asin adalah jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk cui, dan jeruk purut. Jenis jeruk ini mempunyai rasa asam yang dominan sehingga biasanya digunakan untuk menghilangkan amis pada makanan. Selain rasa asam, jeruk juga memberikan aroma citrus yang khas dan membuat masakan menjadi lebih sedap.

3/ Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang juga banyak digunakan sebagai campuran makanan asin. Salah satu olahan pepaya yang populer adalah som tum atau salad pepaya ala Thailand. Makanan yang satu ini menggunakan pepaya yang mentah atau mengkal sehingga teksturnya renyah dan rasanya tawar. Di Indonesia, pepaya mengkal atau mentah juga digunakan sebagai salah satu bahan sayur lodeh. Sayur lodeh pepaya ini mempunayi rasa yang mirip dengan labu siam.

4/ Mangga

Mangga adalah salah satu makanan yang juga banyak digunakan sebagai campuran makanan asin. Di Indonesia, mangga yang digunakan untuk makanan asin adalah mangga yang mengkal atau mangga muda. Mangga muda ini biasa dibuat sebagai campuran sambal dengan rasa asam dan manis yang sedap.

5/ Nanas

Buah yang juga sering ditambahkan dalam masakan asin adalah nanas. Sama halnya dengan mangga, nanas biasanya digunakan sebagai campuran sambal karena rasanya yang asam dan manis. Selain untuk sambal, nanas juga bisa dibuat untuk campuran acar dan balado.

6/ Durian

Buah durian mungkin tidak lazim dicampurkan dalam masakan. Namun buah yang satu ini ternyata biasa dicampurkan dalam masakan asin atau lebih dikenal dengan tempoyak. Durian tempoyak ini biasa digunakan untuk campuran sambal, balado, gulai, dan sebagainya.

Helen Christianti