Buah Yang Bisa Ditambahkan pada Makanan Gurih
Buah Yang Bisa Ditambahkan pada Makanan Gurih

Buah biasanya dimakan secara langsung namun sebenarnya buah juga bisa ditambahkan dalam beberapa masakan gurih, loh.

Buah biasanya diolah menjadi beraneka ragam minuman, kue atau dimakan secara langsung. Tahukah ENDEUSiast jika buah dapat membuat masakan ENDEUSiast menjadi lebih lezat? Beberapa buah memiliki rasa asam yang dapat memperkaya rasa masakan ENDEUSiast, membangkitkan mood dan menambah selera makan.

1/ Mangga

Selain harganya yang terjangkau dan rasanya yang manis, Mangga mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Kebanyakan Mangga yang dikonsumsi oleh orang-orang adalah Mangga yang sudah matang, sedangkan Mangga yang masih muda biasanya hanya dibuat lotis, rujak dan manisan. Mangga yang masih muda memiliki rasa asam yang cukup kuat sehingga cocok jika ENDEUSiast padukan dengan masakan yang gurih. Beberapa orang sudah mencoba menambahkan Mangga muda ke dalam masakan gurih seperti Pepes, Sup Ikan, Asem-Asem, Tumis Sayur, Asam Manis dan tentunya Sambal Mangga Muda.

2/ Jeruk atau Lemon

Saat sedang makan soto di warung makan, pernahkah ENDEUSiast melihat potongan Jeruk atau Lemon di dalam piring kecil? Beberapa orang akan merasa ada yang kurang jika tidak menambahkan air perasan Jeruk atau Lemon ke dalam kuah soto mereka. Jadi bukan rahasia lagi jika Jeruk dan Lemon adalah salah satu buah yang bisa ENDEUSiast tambahkan ke dalam masakan ENDEUSiast yang didominasi oleh rasa gurih atau asin. Penambahan Jeruk atau Lemon secara langsung pada masakan dapat membuat masakan ENDEUSiast menjadi lebih gurih dan segar.

Saat menambahkan Jeruk atau Lemon sebaiknya ENDEUSiast memperhatikan takarannya karena jika terlalu banyak justru akan membuat masakan menjadi pahit. Beberapa makanan yang bisa ENDEUSiast tambahkan air perasan Jeruk dan Lemon secara langsung yaitu soto, sup, mie ayam, bubur ayam dan sebagainya. Selain ditambahkan secara langsung pada makanan, perasan Jeruk atau Lemon juga bisa ditambahkan untuk membuat sambal misalnya ayam goreng tepung saus Lemon dan ikan panggang saus Lemon.

3/ Nanas

Nanas merupakan buah yang bisa gunakan saat pesta BBQ dan dibuat menjadi berbagai kue misalnya nastar . Sebenarnya Nanas memiliki banyak kegunaan jika ditambahkan pada berbagai masakan. Jika ENDEUSiast ingin membuat daging lebih lunak, maka ENDEUSiast bisa mencampur daging dengan Nanas yang masih muda. Selain itu, ENDEUSiast bisa menambahkan Nanas pada masakan yang berbahan ikan misalnya Pindang Patin, Kakap Asam Manis, dan Tenggiri Lempah Kuning. Selain memberikan rasa asam yang segar, penambahan Nanas juga dapat mengurangi bau ikan yang amis.

4/ Belimbing Wuluh

Sudah lama masyarakat menggunakan Belimbing Wuluh untuk memperkaya rasa masakan. Belimbing ini memiliki rasa asam yang kuat sehingga cocok untuk ditambahkan pada masakan Asam Padeh, Pepes, Garang Asem, dan Asem-Asem.

Itu dia inspirasi buah-buahan yang bisa ENDEUSiast campurkan dalam masakan gurih atau asam. Selamat mencoba, ya.

Endeustorial

Ikuti Instagram