Buah yang dijual di swalayan atau pasar Indonesia banyak sekali baik itu buah lokal atau buah impor.

Indonesia merupakan negara yang kaya raya akan sumber daya alam. Indonesia memiliki tanah yang subur dan beriklim tropis sehingga membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman termasuk tanaman yang menghasilkan buah.

Buah dikenal masyarakat karena memiliki banyak vitamin dan dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti salad buah . Setiap daerah di Indonesia yaitu dari Sabang sampai Merauke pasti memiliki berbagai jenis buah dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Karena banyak buah yang ada di Indonesia, banyak masyarakat Indonesia tidak mengenal beberapa buah khas Indonesia.

Banyak faktor yang membuat masyarakat Indonesia yang tidak mengenal buah khas Indonesia tersebut salah satunya yaitu buah tersebut sudah sulit ditemukan di pasar dan masyarakat sekarang cenderung lebih suka mengkonsumsi buah impor sehingga di pasar yang dijual hanya buah impor. Berikut ini adalah buah-buah khas Indonesia yang jarang dikenal masyarakat Indonesia.

1/  Buah Manau

Pohon rotan merupakan pohon yang terkenal di Indonesia. Banyak yang memanfaatkan pohon rotan untuk diolah menjadi berbagai kerajinan dan mebel. Meskipun pohon ini terkenal, buah dari pohon ini tidak terlalu dikenal. Buah manau merupakan buah yang berasal dari pohon rotan.

Buah manau memiliki cita rasa asam manis. Buah manau juga bisa diolah menjadi asinan. Buah manau bisa ditemukan di pasar tradisional Kepulauan Belitung, Kalimantan dan Sumatera.

2/ Buah Lai

Jika melihat buah lai, yang pertama ada di pikiran kita pasti durian. Memang buah lai ini bentuknya menyerupai durian, mulai dar warnanya dan kulitnya mempunyai duri. Hal yang berbeda dengan durian baru bisa ditemukan ketika kita membuka buah lai. Aroma durian tidak akan ENDEUSiast temukan pada buah lai.

Akan tetapi rasa daging buah lai seperti durian yaitu manis dan ada yang sedikit pahit. Akan tetapi buah lai tidak selegit buah durian. Buah lai cocok bagi ENDEUSiast yang ingin mencoba makan buah durian namun tidak menyukai aroma buah durian. Jika ingin membeli buah lai, ENDEUSiast bisa membelinya di Kalimantan.

3/ Buah Menteng

Buah menteng sering juga dikenal dengan nama buah kemundung atau kepundung. Jika dilihat sekilas buah menteng terlihat seperti buah duku. Buah menteng memiliki rasa asam manis.

Buah menteng sebenarnya merupakan buah khas Jawa dan sering ditanam oleh masyarakat Jawa di pekarangan rumah. Akan tetapi saat ini sedikit nya menanam buah menteng karena semakin sempitnya lahan dan masyarakat lebih memilih buah lain untuk ditanam. Buah menteng dapat ditemui di pasar tradisional di Bogor dan Jawa Barat.

4/ Buah Matoa

Buah matoa merupakan buah khas yang berasal dari Papua. Buah matoa memiliki pohon yang besa dan tinggi. Pohon matoa bisa mencapai tinggi 18 meter. Buah matoa jarang dikenal masyarakat karena buah ini sulit ditemukan di pasar. Pohon matoa hanya bisa menghasilkan buah setahun sekali.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.