Wajan anti lengket cepat rusak? Pastinya kesal. Tapi mungkin beberapa hal berikut bisa dihindari untuk memperpanjang usia wajan.

Menggunakan peralatan masak, terutama wajan anti lengket, memang jadi favorit para ibu-ibu. Selain karena masakan tidak akan menempel di dasar wajan dan mudah dibersihkan, wajan anti lengket juga berharga lebih murah dibandingkan wajan besi atau keramik.

Namun, dibandingkan wajan lainnya, wajan anti lengket lebih mudah rusak terutama bila penggunaannya sembarangan. Kebiasaan buruk yang sadar dan tidak disadari ini membuat lapisan wajan serta wajan itu sendiri jadi mengelupas. Wah, kira-kira apa ya?

1/ Menggunakan Spatula dari Metal

Memadukan metal dengan metal akan mengakibatkan goresan, itulah yang akan terjadi jika ENDEUSiast menggunakan spatula yang berbahan sama dengan wajan. Maka dari itu, gunakan yang terbuat dari silikon atau kayu. Selain itu logam pada spatula bisa menyebabkan lapisan anti lengket dari wajan tercungkil dan jadi pengelupasan yang lebih cepat.

2/ Suhu Api Terlalu Panas

Biasanya ketika membeli wajan anti lengket, terdapat buku petunjuk yang memberikan penjelasan soal berapa maksimal suhu yang bisa ditampung dan digunakan saat memasak. Kalau sudah tahu, maka saatnya untuk menyesuaikan memasak dengan suhu maksimal karena jika terus-menerus digunakan dalam suhu tinggi, lapisan anti lengket bisa luntur dan bercampur dengan makanan.

3/ Keseringan Menggunakan Cooking Spray

Cooking spray adalah sejenis minyak yang banyak digunakan untuk menggantikan minyak goreng karena kalorinya lebih rendah. Namun menggunakannya terlalu sering bisa membuat permukaan anti lengket wajan rusak. Ini karena partikel dalam cooking spray tidak kompatibel dan lama-lama bisa mengendap.

4/ Menggosok Wajan dengan Kasar

Terkadang setelah memasak, terisa kerak yang cukup sulit dihilangkan, terutama bila wajan tidak langsung dicuci. Otomatis biasanya gosokan besi akan jadi solusi, namun seperti yang dikatakan tadi besi bisa mengelupas lapisan anti lengket.

Sekalipun bukan besi, jika menggosoknya terlalu keras hal yang sama akan terjadi. Sebaiknya rendam dulu wajan yang berkerak dengan air hangat dan jeruk nipis agar lebih mudah dibersihkan.

Namun ingat untuk tidak terlalu lama merendamnya karena lapisan malah bisa menjadi rapuh.

5/ Posisi Salah Menyimpan Wajan

Ketika menyimpan wajan, ingat untuk tidak menumpuknya secara sembarangan, sebaiknya wajan diposisikan secara horizontal sehingga tegak berdiri. Jika wajan sering tergores saat ditaruh atau diambil, lapisan anti lengketnya akan cepat rusak.

6/ Membilas Saat Masih Panas

Ketika panas dan dingin bertemu secara tiba-tiba, perubahan suhu secara ekstrim ini akan menyebabkan permukaan wajan rusak. Lapisan akan mengkerut dan mengelupas jika wajan panas langsung dibilas dengan air terus menerus.

Apakah ENDEUSiast pernah melakukan kesalahan yang membuat wajan anti lengket jadi cepat rusak? Kalau iya, maka mulai sekarang kebiasaan di atas harus dihentikan. Ingat bahwa wajan anti lengket bukan berarti anti rusak ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.