Kue berwarna hitam sedang menjadi trend sekarang. ENDEUSiast bisa membuat kue berwarna hitam dengan pewarna alami ini.

Kue berwarna hitam adalah salah satu kue yang sedang trend. Sebenarnya sudah banyak kue tradisional Indonesia yang berwarna hitam. Warna hitam pada kue biasanya menggunakan bahan pewarna namun sebaiknya menggunakan bahan yang alami. Kue berwarna hitam tidak hanya memberikan tampilan yang elegan namun juga memberikan rasa yang gurih dan legit. Berikut ini beberapa bahan pewarna hitam alami untuk membuat kue nusantara.

1/ Abu Merang

Pewarna hitam alami yang paling umum digunakan adalah abu merang. Abu merang didapat dari pembakaran merang atau batang padi yang sudah kering. Merang ini kemudian dibakar hingga menjadi abu. Abu merang kemudian akan direndam dalam air hingga mengendap. Setelah mengendap, air abu merang akan terpisah bagian endapan dan beningnya. Bagian endapan abu merang bisa digunakan sebagai pewarna hitam alami untuk kue. Abu merang ini biasanya digunakan untuk kue seperti ongol-ongol, dawet beras hitam, dan sebagainya.

2/ Tepung Ketan Hitam

Selain abu merang, pewarna hitam alami yang lain adalah ketan hitam. Ketan hitam ini memang secara alami sudah berwarna hitam sehingga bila digunakan untuk membuat kue, warnanya juga akan hitam alami. Ketan hitam yang digunakan bisa berbentuk beras ketan ataupun tepung. Tepung ketan hitam biasanya digunakan untuk membuat onde-onde dan gemblong. Sedangkan beras ketan hitam biasanya digunakan untuk membuat tape, madu mongso, brownies ketan hitam , dan sebagainya.

3/ Arang Bamboo

Bahan pewarna alami lainnya adalah arang bamboo. Arang bamboo ini tidak sama dengan arang yang dijual untuk membakar sate. Namun arang bambu untuk pewarna makanan biasanya dijual dalam bentuk bubuk dengan harga yang relatif lebih mahal daripada abu merang.

Arang bambu untuk pewarna sebenarnya adalah arang yang zat karbon yang sudah mengalami beberapa tahapan pemurnian sehingga tidak mengandung zat kimia lain. Pewarna makanan arang bamboo ini hanya memberikan warna hitam saja tanpa mengubah rasa kue atau makanan. Arang bamboo ini biasanya digunakan untuk membuat kue nastar hitam.

4/ Coklat Bubuk Hitam

Coklat bubuk hitam adalah salah satu pewarna hitam yang juga banyak digunakan untuk pewarna makanan. Coklat bubuk yang dimaksud ini mempunyai warna yang hitam yang bisa digunakan untuk membuat cake, cookies, dan kue yang lain.

5/ Black Powder

Pewarna makanan lain yang berwarna hitam adalah black powder. Black powder ini termasuk dalam kategori food additive atau bahan tambahan pangan. Pewarna ini biasanya dibuat dari bambu ataupun abu merang. Selain untuk membuat kue, black powder ini juga bisa digunakan sebagai pengganti tinta cumi agar tidak amis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.