Cara Tepat Memasak Menggunakan Minyak

"

Salah satu teknik memasak yang akrab di dapur Indonesia, yakni menggoreng. Selain mudah, banyak yang meyakini bahwa makanan dengan teknik ini lebih nikmat karena menghasilkan sensasi garing yang bikin ‘nagih’.

Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang anti dengan proses pemasakan ini karena alasan kesehatan. Padahal jika digunakan secara bijak, nyatanya kita tidak perlu takut untuk memakan hasil masakan yang diproses dengan minyak.

Ini dia beberapa tips bijak memasak dengan minyak

1/ Gunakan olive oil sebagai bahan untuk sauce dressing (tipe EVOO & VOO) ataupun menumis makanan (jenis light olive oil ). Selain memiliki kandungan lemak baik, olive oil juga kaya akan nutrisi, antioksidan, serta vitamin E.

2/ Sekarang ini sudah banyak berbagai macam jenis minyak yang ada di pasaran, seperti minyak kelapa, minyak biji matahari ( sunflower oil), ataupun canola oil . Anda dapat menggunakan minyak-minyak tersebut sebagai alternatif menggoreng makanan.

3/ Menggoreng dengan minyak yang belum cukup panas, dapat merusak tekstur makanan. Selain lebih berminyak, potensi kurang matang pun akan tercipta karena kesalahan ini.

Karenanya, penting untuk memperhatikan smoke point minyak sebelum memasukkan bahan agar tidak tercipta penyerapan minyak berlebih dalam sajian. Letakkan spatula kayu di dalam wajan berisi minyak, dan tunggu hingga terlihat gelembung kecil di sekitaran spatula, sebagai tanda minyak sudah panas dan siap digunakan.

4/ Demi alasan kesehatan, batasi penggunaan minyak bekas pakai sebanyak 3 kali pemakaian. Minyak yang telah digunakan berulang-ulang, minyak akan menghasilkan racun bagi tubuh.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.