Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Biar tidak bosan mengolah semur, yuk variasikan dengan jamur kancing yang penuh gizi dan nutrisi!

Tak diragukan lagi kalau kelezatan semur telah membuatnya menjadi idola. Hidangan berkuah cokelat dengan tekstur kental ini memang menjadi favorit banyak usia.

Pembuatan semur cukup mudah, yaitu menggunakan bahan bawang putih, bawang merah, pala, cengkeh, dan tak lupa kecap sebagai bumbu utama yang membuat warnanya cokelat.Rasanya yang kaya rempah dengan aroma menggiurkan membuat sayang rasanya jika hidangan semur dilewatkan begitu saja.

Semur biasanya dibuat menggunakan bahan daging seperti daging sapi dan ayam, tahu, yempe, telur, dan sebagainya. Nah, bagaimana jika kita membuat semur ayam yang ditambah siraman saus tiram dan taburan jamur kancing nan kaya gizi? dijamin hidangan ini akan menjadi menu favorit keluarga.

Bahan jamur mungkin saja banyak dihindari, namun jamur kancing bisa dijadikan pilihan walaupun belum banyak yang mengetahui jenis jamur ini. Banyak yang lebih memilih jamur tiram atau kuping dibanding jamur kancing karena dianggap memiliki tekstur yang kurang menggugah.

Padahal jamur kancing adalah makanan yang kaya gizi. Suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medical Food menjelaskan bahwa jamur kancing ini dapat membantu mempertajam pikiran dan segudang manfaat lain dari jamur kancing. Terlebih saat dipadukan dengan kuah semur tentu rasanya akan lezat.

Bahan-bahan Semur Ayam Jamur Kancing:

500 gr paha ayam

1 buah jeruk nipis

3 cm jahe

4 butir bawah putih, iris tipis

6 siung bawang merah, iris tipis

3 lembar daun salam

2 buah tomat, parut

200 g jamur kancing (portobello)

6 sdm kecap

3 sdm saus tiram

3 butir cengkeh

4 butir kemiri, sangrai dan haluskan

1 liter air

5 sdm minyak untuk menumis

1 sdt garam

1 sdt gula merah, disisir

½ butir pala yang diparut

Cara membuat Semur Ayam Jamur Kancing:

Langkah pertama, potong ayam menjadi 4 bagian, gunakan air jeruk nipis untuk melumuri paha ayam, diamkan 10-15 menit.

Potong bawang merah dan bawang putih, tumis hingga layu. Setelah layu, tambahkan daun salam, jahe, kemiri yang dihaluskan, dan terus tumis hingga keluar aroma harum.

Masukkan ayam, lalu tumis hingga ayam berubah warna dan tak berair hingga warnanya kecoklatan. Tambahkan tomat, cengkeh, kecap manis,pala, saus tiram, garam, dan gula merah.

Tuangkan air, lalu masak hingga bumbunya meresap dan kuahnya mengental. Tambahkan jamur yang telah diiris tipis. Masak sebentar saja dan angkat. Sajikan dengan bawang goreng dan nasi hangat.

ENDEUSiast juga bisa mencoba variasi Resep Semur Paha Ayam Bakar dan Resep Semur Kecap Tahu Telur yang tidak kalah lezat!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.