Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Jajanan untuk takjil buka puasa ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasar-pasar kota Jogja loh!

Ketika bulan puasa sudah mulai, rasanya seperti ada yang kurang ketika nggak ada takjil untuk berbuka puasa. Ada banyak pilihannya mulai dari gorengan, kolak, minuman segar hingga jajanan lainnya.

Jika berkunjung ke pasar biasanya yang dicari adalah jajanannya. Banyak sekali pedagang yang menjual jajanan pasar khusus untuk takjil buka puasa. Kamu bisa menemukan ini di sepanjang jalan pasar yang ada di kota Jogja. Meski pun tampilannya sederhana dan tidak semenarik dengan sajian takjil modern lainnya, namun soal rasa jangan diragukan.

Selain citarasanya yang manis dan cukup bisa mengganjal perut kamu sebelum makan besar, harga jajanan pasar juga masih relatif murah. Jadi meski kita beli banyak, kantong tetap aman kok!

Nah kira-kira apa saja jenis takjil yang banyak dijual di pasar kota Jogja? Ini dia daftar lengkapnya!

1. Kue Lumpur

Udah nggak heran lagi bila kue lumpur menjadi salah satu jajanan yang paling banyak dijual sebagai takjil di bulan puasa. Warnanya yang kuning cerah dengan tekstur kenyalnya sangat menggugah selera. Apalagi biasanya kue lumpur juga diberikan topping kismis sebagai pemanis. Cocok dijadikan sebagai takjil untuk buka puasa. Bila ingin mengganti topping kue lumpur, bisa banget kok. Ada resep kue lumpur cokelat almond yang bisa kita coba.

2. Klepon

Untuk jenis jajanan pasar yang satu ini memiliki sensasi rasa yang unik. Pada saat kita menggigitnya maka akan terasa manis dari gula merah yang pecah di mulut. Jajanan yang berbentuk bulat ini terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa, sehingga ada perpaduan rasa manis gurih serta teksturnya yang kenyal. Dijamin kita nggak akan bisa tahan untuk makan klepon!

3. Lepet jagung

Sesuai dengan namanya, jajanan pasar yang satu ini terbuat dari bahan utama jagung parut, kelapa parut, ketan yang telah ditumbuk kasar, vanili, gula pasir, garam dan santan.

Campurkan semua bahan hingga menjadi adonan setelah itu barulah dibungkus dengan menggunakan kulit pelepah jagung lalu kukus hingga matang. Lepet jagung ini terlihat menarik karena dibungkus secara unik. Soal rasa, kamu akan menikmati sensasi manis, gurih dan legit yang menyatu sempurna dalam satu kali gigitan.

4. Carabikang

Selain kue-kue di atas, kita juga bisa loh memilih carabikang sebagai takjil buka puasa nanti. Untuk membuat carabikang kita membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, gula dan santan. Masukkan ke dalam cetakan khusus dan masak dengan api kecil.

Tampilan warna-warni dari kue carabikang menjadikannya terlihat sangat cantik. Apalagi aroma kuenya yang semerbak sangat menggugah selera kita.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya