Berbagai Restoran dan Kafe Bersiap Menyambut New Normal
Berbagai Restoran dan Kafe Bersiap Menyambut New Normal

New normal belakangan ini sedang ramai dibahas. Bahkan banyak para pengusaha restoran yang udah bersiap menghadapinya.

New normal atau yang resmi dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kenormalan baru belakangan ini sedang ramai diperbincangkan. Beberapa kalangan baik masyarakat biasa maupun yang memiliki usaha harus sudah mempersiapkan bagaimana kelangsungan usaha mereka di masa yang baru ini.

Selama ini restoran atau para penyedia makanan memang merupakan salah satu dari delapan bidang kerja yang masih boleh buka selama masa ini. Tapi mereka hanya boleh melayani pembelian secara take away.

Dengan New Normal ini bagaimana kita tetap bisa beraktivitas seperti semula tetapi tetap mengedepankan kebersihan dan menjaga kesehatan. Jadi ada langkah-langkah yang harus diambil.

Seperti dalam video di atas yang dipublikasikan oleh akun Kementrian Koperasi dan UKM @kemenkopukm dan juga Brookland Coffee di akun Instagram mereka. Dalam video tersebut dijelaskan bagaimana kita harus bersikap dalam keadaan kenormalan baru ketika masuk ke restoran atau pun ke kafe.

Dari mulai cuci tangan sebelum masuk ke tempat makan, buka pintu didorong dengan anggota badan, hingga pembayaran yang menggunakan metode non-tunai. Kemudian yang paling penting adalah penggunaan masker harus terus dipakai selama keluar rumah.

Mungkin saran di atas udah kita jalani selama beberapa bulan terakhir ini. Tapi video imbauan tersebut juga diperlihatkan bagaimana jika ingin memesan makanan yang dibawa pulang atau take away sebisa mungkin membawa tempat makan sendiri. Masker selalu digunakan kecuali ketika makan dan minum aja. Juga perlu diperhatikan selama berada di dalamnya harus menjaga jarak antar sesama pengunjung.

Kalau dari pihak pemilik usaha kuliner harus menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer di depannya. Kemudian mendukung juga pembayaran secara non-tunai. Yang nggak boleh dilupakan lagi adalah kebersihan dari bahan-bahan makanan atau minuman, juga kebersihan dari peralatan masak hingga peralatan makan dan minum juga harus diperhatikan. Karena kesehatan konsumen adalah yang wajib diutamakan.

Chef, penjaga kasir dan pelayan juga harus memperhatikan penggunaan masker, rutin cuci tangan, dan juga menggunakan face shield dan sarung tangan. Membersihkan meja dan kursi dengan disinfektan juga perlu dilakukan. Serta mengatur kembali penataan meja dan kursi agar para pengunjung bisa menjaga jarak.

Salah satu kedai kopi, Kolo sudah menyiapkan beberapa kebijakan baru guna menghadapi New Normal dengan mematuhi segala yang telah dianjurkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM di atas.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, kedai yang bertempat di Jalan Wijaya ini selalu membersihkan meja sebelum dan setelah dipakai oleh pengunjung dan permukaan lain yang sering digunakan.

Karena jarak meja sudah diatur oleh pihaknya, pengunjung yang hendak makan di tempat dilarang untuk menggeser meja dan menambahkan kursi. Juga para pengunjung diberikan waktu maksimal satu jam di dalamnya. Di sini tidak ada lagi piring atau gelas kaca yang bisa dipakai berulang. Semua diganti dengan paper / plastic cup dan paper bowl yang sekali pakai.

Say Something Coffee juga telah mengeluarkan video mengenai menghadapi New Normal. Bahkan mereka mengeluarkan dua video dari segi pelanggan ataupun dari segi mereka sendiri selaku pihak kedai kopi demi mendukung protokol kesehatan di setiap store mereka.

Jadi sudah siap untuk menghadapi New Normal? Bagikan pendapatmu di media sosial dan mention atau tag kami.

Lion Haloho