Berbagai resep ayam ditentukan dengan pilihan daging ayamnya. Setiap jenis daging ayam memiliki perbedaaan dan ciri khas masing-masing.

Daging ayam menjadi salah satu olahan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali resep yang menggunakan daging ayam salah satunya adalah resep ayam betutu . Tidak hanya bebek saja yang bisa disajikan betutu tetapi ayam juga bisa asalkan ENDEUSiast bisa memilih jenis daging ayam apa yang pas untuk dimasak menjadi hidangan betutu.

Bagi ENDEUSiast yang sering belanja ayam ke pasar, sebaiknya perlu mengetahui beberapa jenis daging ayam yang dijual dipasaran agar nantinya tidak bingung dan tidak salah pilih. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat jenis-jenis daging ayam.

1/ Ayam Kampung

Ayam kampung termasuk dalam jenis ayam yang banyak berkeliaran di lingkungan sekitar. Dikatakan ayam kampung karena memang ayam ini biasa ditemukan di kampung. Belum banyak orang-orang yang tinggal diperkotaan memelihara hewan yang satu ini.

Di pasar, ENDEUSiast akan menemukan 2 jenis ayam kampung yaitu ayam yang tidak dipelihara dan ayam yang diternak secara khusus. Untuk ayam yang dipelihara khusus biasanya akan dikandang selama 3 hingga 5 bulan dengan berat sekitar 500 hingga 700 gram. Sedangkan untuk ayam yang tidak dipelihara akan mencari makan sendiri di lingkungan sekitar dengan berat yang mencapai 1 kg bila dipelihara selama 6 bulan. Ayam kampung biasanya banyak dipilih untuk masakan opor ayam khususnya pada hari raya idul fitri.

2/ Ayam Broiler

Ayam yang satu ini banyak sekali dijual di swalayan. Dalam pemeliharaannya pun ayam broiler lebih mudah. Ayam broiler biasanya akan mulai dipanen ketika telah berumur 60 hari dengan bobot sekitar 900 gram hingga 2,5 kg. Sekalipun dipelihara lebih lama pun biasanya tidak akan mempengaruhi beratnya. Ayam broiler banyak dipilih untuk restoran cepat saji dan masakan rumaha lainnya.

3/ Ayam Petelur

Ayam petelur merupakan jenis ayam yang bisa menghasilkan telur. Sayangnya, ketika menginjak usia 12 bulan produktivitas telurnya mulai menurun sehingga tidak akan menghasilkan telur yang banyak dan bagus. Maka ketika ayam petelur sudah tidak dalam masa produktifnya lagi akan disembelih dan diambil dagingnya.

Untuk jenis ayam petelur biasanya memiliki bobot yang lebih berat dari jenis ayam lainnya dengan kisaran berat mulai dari 2.5 kg hingga 5 kg. Jenis daging ayam petelur banyak dijadikan sebagai bahan masakan yang menggunakan suwiran daging ayam seperti sop atau soto ayam.

Sekarang ENDEUSiast sudah tau kan perbedaan dan ciri-ciri dari setiap jenis daging ayam yang dijual di pasaran. ENDEUSiast hanya tinggal menentukan menu masakannya lalu baru bisa memilih jenis daging ayam yang pas untuk hidangan yang ENDEUSiast buat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.