Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Memecahkan kulit telur merupakan hal yang terlihat mudah sehingga seringkali menyepelekan pekerjaan tersebut.

Telur merpakan bahan makanan yang multi fungsi. Telur bisa goreng dan langsung dimakan atau telur bisa digunakan untuk membuat campuran berbagai makanan. Ketika akan menggunakan telur tentunya kita harus memecahkan kulit telur terlebih dahulu. Memecahkan kulit telur merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Maksudnya sebenarnya memecahkan kulit telur merupakan hal yang mudah namun terkadang kita sering melakukan beberapa kesalahan sehingga hasil memecahkan kulit telur kurang maksimal. Berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika memecahkan kulit telur yang mungkin tanpa ENDEUSiast sadari sering ENDEUSiast lakukan.

1. Memecahkan di pinggir mangkuk

Beberapa orang justru menjadikan pinggir mangkuk untuk memecahkan kulit telur. Bahkan mungkin ENDEUSiast pernah melakukannya. Memecahkan kulit telur sebaiknya jangan dilakukan di pinggir mangkuk. Sebaiknya ENDEUSiast memecahkan kulit telur pada benda yang datar misalnya meja. Memecahkan kulit telur di pinggir mangkuk dapat menyebabkan serpihan kulit telur jatuh ke mangkuk dan dapat tercampur dengan telur. Cangkang telur merupakan benda yang dapat ENDEUSiast buka dengan tangan ole sebab itu, benturkan telur pad meja lalu buka cangkang dan letakkan isi telur pada mangkuk. Selain mencegah bercampurnya kulit telur hal ini dapat membantu ENDEUSiast jika ingin memisahkan kuning dan putih telur.

2. Memecahkan menggunakan satu atau dua tangan

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam memecahkan kulit telur menggunakan satu atau dua tangan. Hal tersebut tergantung keahlian masing-masing orang yang memecahkannya. Jika ENDEUSiast masih awam dalam memecahkan telur sebaiknya ENDEUSiast menggunakan dua tangan. Hal tersebut dapat mempermudah ENDEUSiast dalam memecahkan telur dan mencegah serpihan kulit telur tercampur pada mongkok. Akan tetapi jika ENDEUSiast sudah mahir ENDEUSiast dapat menggunakan satu tangan. Para koki biasanya memecahkan kulit telur dengan satu tangan karena dianggap praktis dan cepat.

3. Memisahkan kuing dan putih telur

Beberapa orang mungkin memisahkan kuning dan putih telur dengan menggunakan kulit telur namun tidak membersihkannya terlebih dahulu. Sebaiknya jika ingin melakukan teknik tersebut, cangkang harus dicuci benar-benar bersih karena bakteri pada cangkang bisa masuk dalam telur. Untuk lebih amannya ENDEUSiast bisa menggunakan tangan atau alat khusus untuk memisahkannya.

4. Tidak menyingkirkan serpihan cangkang

Serpihan cangkang seringkali jatuh ke dalam mangkuk. Jika belum tercampur dengan telur maka segeralah bersihkan. Jika sudah tercampur dengan telur makan tetapharus segera dibersihkan. Seringkali kita malas mengambil serpihan kulit tersebut. Sebaiknya serpihan cangkang tetap diambil supaya rasa tidak merusak tekstur terus karena cangkang telur terasa keras jika dikunyah. Selain itu cangkang yang masuk ke dalam mangkuk belum tentu bersih sehingga dapat menambah telur terkontaminasi dengan bakteri.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.