10 Jenis Gula dan Manfaatnya, Simak di Sini!
10 Jenis Gula dan Manfaatnya, Simak di Sini!

Berbagai Jenis Gula dan Manfaatnya

Ternyata jenis gula itu tidak hanya gula pasir dan gula merah, lho. Yuk, simak berbagai jenis gula dan manfaatnya

Yuk, simak jenis-jenis gula berikut ini.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan gula. Gula banyak digunakan sebagai pemanis baik itu makanan atau minuman. Selain itu, gula dapat membuat suatu makan menjadi gurih jika dicampur dengan garam sehingga ENDEUSiast tidak perlu menggunakan MSG.

Umumnya, gula terbuat dari air nira kelapa atau tebu. Beberapa orang mungkin hanya mengetahui dua jenis gula yaitu gula pasir dan gula merah.

Sebenarnya ada banyak jenis gula yang bisa ENDEUSiast manfaatkan. Berikut ini jenis-jenis gula yang bisa ENDEUSiast manfaatkan.

1/ Gula Pasir atau Gula Putih

Gula pasir merupakan gula yang paling terkenal dikalangan masyarakat karena memiliki berbagai fungsi seperti pemanis pada minuman, pemanis kue dan bahan dasar untuk membuat karamel . Gula putih memiliki tekstur yang kasar dan berbentuk seperti kristal.

2/ Gula Kastor

By Gula Kastor (sumber: pinterest.com)

Gula kastor memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan gula pasir. Untuk memperoleh gula kastor ENDEUSiast bisa membeli di toko kue atau membuatnya sendiri.

Gula kastor bisa ENDEUSiast buat sendiri dengan cara memasukan gula pasir ke dalam kantong lalu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan lalu diayak. Gula yang sudah ayak itulah gula kastor. Gula kastor sering digunakan untuk campuran icing dan whipped cream .

3/ Gula Batu

Seperti namanya, gula batu berbentuk seperti bongkahan batu. Sekilas gula batu terlihat seperti kumpulan gula pasir dengan tekstur yang lebih besar yang menyatu.

Gula batu memiliki tekstur yang keras dan sulit larut dalam air. Gula batu biasanya digunakan untuk pemanis minuman tradisional atau dimakan langsung untuk menghilangkan rasa pahit setelah minum jamu.

4/ Brown Sugar

By Brown Sugar (sumber: thespruceeats.com)

Brown sugar memiliki tekstur yang sama dengan gula pasir hanya saja butiran nya sedikit lebih besar dan berwarna cokelat. Brown sugar terlihat sama dengan gula pasir karena brown sugar terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan molase atau sari tebu yang berwarna cokelat.

Brown sugar memiliki aroma seperti karamel sehingga dapat menggugah selera. ENDEUSiast bisa menggunakan brown sugar untuk campuran adonan kue atau pemanis pada kopi dan teh.

5/ Gula Merah Atau Gula Jawa

Gula merah atau gula jawa terbuat dari air nira atau air sari buah aren yang direbus hingga berwarna kecoklatan. Meskipun memiliki nama gula merah gula ini memiliki warna cokelat.

Gula merah memiliki tekstur yang keras dan rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan gula pasir. Gula merah bisa digunakan untuk isian makanan tradisional seperti klepon , bahan dasar pembuatan saus manis untuk lupis dan sebagai pengganti gula batu untuk menghilangkan rasa pahit setelah minum jamu

6/ Gula Halus

By Gula Halus (sumber: biggerbolderbaking.com)

Gula halus merupakan gula yang terbuat dari gula pasir yang dihancurkan sampai benar-benar halus. Gula yang telah halus lalu dicampur dengan tepung jagung supaya gula tidak menggumpal. Gula halus biasanya digunakan untuk pemanis sekaligus hiasan misalnya pada donat atau kue putri salju.

7/ Gula Jagung

Seperti namanya, gula jagung merupakan hasil ekstrak dari tanaman jagung. Gula ini sering dijadikan alternatif bagi pengidap diabetes karena kadar kalorinya lebih rendah dari gula pasir.

Gula jagung bermanfaat sendiri merupakan jenis pemanis non-nutritif yang memiliki kadar kemanisan cukup rendah sehingga mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Gula pati-patian ini juga tersedia dalam keadaan cair, disebut sebagai High Fructose Syrup (HFS).

8/ Gula Kristal

By Gula Kristal (sumber: kstp.com)

Gula kristal merupakan gula dengan pengolahan khusus sehingga memiliki tampilan yang mirip gula pasir ukuran dan teksturnya lebih kasar. Gula kristal juga memiliki sifat mempertahankan bentuknya, alias tidak mudah meleleh saat dipanaskan.

Karenanya, gula kristal sering digunakan sebagai taburan aneka kue dan kukis. Ia juga kerap dicampur dengan pewarna makanan untuk mempercantik tampilan hidangan.

9/ Gula Cair

By Gula Cair (sumber: liquor.com)

Disebut juga dengan simple syrup , gula cair dibuat dengan cara mencampurkan gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1. Walaupun begitu, di pasaran juga dijual gula cair kemasan. Tidak hanya gula cair dari tebu, ada pula sirup jagung, yang biasanya digunakan sebagai pemanis dalam minuman berkalori tinggi.

10/ Gula Kelapa

Gula berwarna cokelat tua ini terbuat dari getah pohon kelapa. Indeks glikemik gula kelapa ini juga lebih rendah daripada gula pasir sehingga relatif lebih baik untuk kesehatan.

Walau tidak secara cepat meningkatkan kadar gula darah, jumlah kalorinya tetap sama, sehingga pemakaiannya tetap harus diperhatikan. Gula kelapa yang punya cita rasa legit ini sering pula digunakan untuk membuat aneka kue tradisional.

Nah, ENDEUSiast, itulah 10 jenis gula yang sering dipakai dalam dapur Indonesia. Gula apa, nih, yang jadi favoritmu?

Endeustorial

Ikuti Instagram