Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ternyata jenis gula itu tidak hanya gula pasir dan gula merah? Yuk simak berbagai jenis gula dan manfaatnya

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan gula. Gula banyak digunakan sebagai pemanis baik itu makanan atau minuman. Selain itu, gula dapat membuat suatu makan menjadi gurih jika dicampur dengan garam sehingga ENDEUSiast tidak perlu menggunakan MSG. Gula terbuat dari air nira kelapa atau tebu. Beberapa orang mungkin hanya mengetahui dua jenis gula yaitu gula pasir dan gula merah. Sebenarnya ada banyak jenis gula yang bisa ENDEUSiast manfaatkan. Berikut ini jenis-jenis gula yang bisa ENDEUSiast manfaatkan.

1/ Gula Pasir atau Gula Putih

Gula pasir merupakan gula yang paling terkenal dikalangan masyarakat karena memiliki berbagai fungsi seperti pemanis pada minuman, pemanis kue dan bahan dasar untuk membuat karamel. Gula putih memiliki tekstur yang kasar dan berbentuk seperti kristal.

2/ Gula Kastor

Gula kastor memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan gula pasir. Untuk memperoleh gula kastor ENDEUSiast bisa membeli di toko kue atau membuatnya sendiri. Gula kastor bisa ENDEUSiast buat sendiri dengan cara memasukan gula pasir ke dalam kantong lalu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan lalu diayak. Gula yang sudah ayak itulah gula kastor. Gula kastor sering digunakan untuk campuran icing dan whipped cream .

3/ Gula Batu

Seperti namanya, gula batu berbentuk seperti bongkahan batu. Sekilas gula batu terlihat seperti kumpulan gula pasir dengan tekstur yang lebih besar yang menyatu. Gula batu memiliki tekstur yang keras dan sulit larut dalam air. Gula batu biasanya digunakan untuk pemanis minuman tradisional atau dimakan langsung untuk menghilang kan rasa pahit setelah minum jamu.

4/ Brown Sugar

Brown sugar memiliki tekstur yang sama dengan gula pasir hanya saja butiran nya sedikit lebih besar dan berwarna cokelat. Brown sugar terlihat sama dengan gula pasir karena brown sugar terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan molase atau sari tebu yang berwarna cokelat. Brown sugar memiliki aroma seperti karamel sehingga dapat menggugah selera. ENDEUSiast bisa menggunakan brown sugar untuk campuran adonan kue atau pemanis pada kopi dan teh.

5/ Gula Merah Atau Gula Jawa

Gula merah atau gula jawa terbuat dari air nira atau air sari buah aren yang direbus hingga berwarna kecoklatan. Meskipun memiliki nama gula merah gula ini memiliki warna cokelat. Gula merah memiliki tekstur yang keras dan rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan gula pasir. Gula merah bisa digunakan untuk isian makanan tradisional seperti klepon , bahan dasar pembuatan saus manis untuk lupis dan sebagai pengganti gula batu untuk menghilangkan rasa pahit setelah minum jamu

6/ Gula Halus

Gula halus merupakan gula yang terbuat dari gula pasir yang dihancurkan sampai benar-benar halus. Gula yang telah halus lalu dicampur dengan tepung jagung supaya gula tidak menggumpal. Gula halus biasanya digunakan untuk pemanis sekaligus hiasan misalnya pada donat atau kue putri salju.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.