Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Social distancing membuat para pengusaha kuliner juga terkena imbasnya. Bagaimana mereka survive dalam menghadapi musibah virus corona ini?

Virus Corona yang sedang menghampiri kita membuat semua orang cemas. Negara-negara lain yang juga diikuti oleh negara kita, Indonesia memberlakukan isolasi mandiri atau kata lainnya adalah social distancing dengan membatasi kegiatan dan aktivitas. Intinya kalau nggak penting banget, diusahakan jangan keluar rumah.

Karena hal ini udah terbukti dapat memperlambat dan mengurangi penyebaran virus dengan nama lain COVID-19.

Tagar #dirumahaja juga digaungkan di media sosial termasuk milik Endeus. Ajakan untuk tetap di rumah berdampak pada pemilik usaha yang mengakibatkan turunnya pemasukan. Tak terkecuali juga dengan para pengusaha food and beverage (F&B) yang menurun omsetnya.

Seperti yang dikutip dari Finance.detik.com , pelaku usaha restoran dan kedai kopi telah mengalami penurunan penjualan sekitar 30 persen sejak diberlakukannya social distancing.

Dikatakan bahwa akan ada seperti gelombang kedua bagi para pengusaha kuliner. Karena sebentar lagi akan memasuki bulan puasa, yang mana pendapatan juga akan turun. Belum lagi harus menyiapkan dana tambahan untuk memberikan THR ke para karyawannya.

Kalau masih begini terus, nggak tertutup kemungkinan kalau usahanya nggak bisa bertahan lama.

Para pengusaha harus memutar otak untuk tetap bisa survive dengan pandemi global yang sedang terjadi sekarang ini. Salah satu caranya adalah mengandalkan pengiriman dengan menggunakan aplikasi ojek online. Karena untuk berharap pengunjung datang langsung sudah sangat sulit.

Bahkan salah satu aplikasi mengeluarkan fitur untuk para pengguna agar bisa nggak bertemu langsung dengan pengantar makanan. Yang mana makanannya bisa dititip di pagar atau lobby begitu sampai.

Kalau pengguna memilih dengan metode ini, nantinya driver akan mengirimkan foto pesanan yang sudah sampai. Pembeli juga bisa menggunakan metode pembayaran non-tunai guna menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Ada sebuah gerakan yang menarik untuk ikut membantu para pengusaha F&B yang diinisiasi oleh Ario Pratomo bersama istrinya dalam mengajak para pengikut mereka di Instagram. Jika ada pemilik usaha makanan atau minuman bisa menuliskannya di postingan mereka. Nantinya akan bisa juga dilihat oleh semua orang kemudian bisa ikut membantu dengan membeli usaha makanan atau minumannya jika mereka tertarik.

Intinya mereka diberikan tempat untuk memasarkan usaha mereka. Pria yang juga seorang tech reviewer ini nggak mau dikirimkan makanan tersebut secara cuma-cuma, melainkan ia sendiri yang akan membelinya. Nantinya akan di -posting di akun Instagram miliknya.

Ada juga akun di Instagram yang membagikan beberapa nama kuliner yang direkomendasikan untuk menjadi pilihan ketika #dirumahaja. Nggak lain maksud dari mereka adalah membantu para pengusaha makanan agar usahanya masih bisa terus berjalan meski pandemik global sedang melanda.

Kita semua berharap bahwa ujian ini akan segera berakhir dengan secepatnya dan kita bisa kembali beraktivitas dan mobilitas dengan normal seperti sedia kala. Amin.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya