Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Indonesia yang sering kita masak mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi, ada juga masakan Indonesia yang unik dari berbagai daerah. Sudah tahu?

Berbicara tentang masakan Indonesia pasti tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi di setiap daerah memiliki kuliner khasnya. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui makanan yang banyak terlihat dan dimasak. Namun, apakah ENDEUSiast pernah melihat beberapa makanan yang unik dan jarang terlihat? Jika belum, mungkin beberapa daftar masakan Indonesia yang unik ini bisa membantu ENDEUSiast untuk mengetahui jauh lebih dalam tentang kuliner Indonesia.

1/ Bubur Sagu atau Papeda

Mungkin selama ini ENDEUSiast hanya mengetahui bubur yang dibuat dari bahan beras. Tetapi di Maluku ada bubur yang terbuat dari sagu sehingga namanya adalah bubur sagu atau dengan nama lain papeda. Di Sulawesi Selatan dan Papua juga ada makanan yang serupa dengan nama kapurung.

Cara penyajian bubur sagu yaitu dengan disiram menggunakan air panas lalu diaduk hingga mengembang. Masakan khas Maluku ini akan lebih lengkap bila disantap dengan ikan tongkol yang diolah menggunakan bumbu kunyit, atau bisa juga dengan ikan kuah serta beberapa campuran sayuran seperti ubi jalar dan daun singkong. Bubur sagu atau papeda akan terasa lebih nikmat bila disantap dalam kondisi yang masih panas dengan cara disedot atau diseruput.

2/ Mandai

Masakan yang satu ini sangat populer di daerah Kalimantan khususnya Banjar. Mandai terbuat dari kulit cempedak yang sudah melewati proses fermentasi. Bagi yang tertarik untuk membuat mandai, pastikan bahwa bahan kulit cempedak yang dipilih adalah yang sudah matang agar hasilnya lebih enak.

Pilih kulit cempedak bagian dalamnya yang bentuknya seperti gabus. Untuk membuat masakan khas Kalimantan ini sebenarnya prosesnya cukup lama karena setelah kulit cempedak dipotong-potong maka harus direndam dengan menggunakan air garam selama 3 hari atau paling lama sebulan. Lama pada proses perendaman akan mempengaruhi tekstur dari kulit cempedak.

3/ Gulai Siput

Gulai siput hanya bisa ditemukan di Riau pada saat bulan puasa saja. sesuai dengan namanya, bahan baku yang digunakan adalah siput, sejenis keong namun ukurannya lebih kecil dan bentuk cangkangnya seperti tergulung.

Untuk proses pembuatan masakan khas Riau ini sebenarnya sama dengan memasak gulai pada umumnya, yang membedakan hanyalah penggunaan bahan utamanya. Terkesan unik dan tentu tidak mudah untuk menemukan jenis kuliner yang satu ini. Rasanya yang gurih dengan perpaduan antara rasa dan santan serta bahan utamanya yang unik menjadikan masakan gulai siput cukup digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Itulah beberapa masakan Indonesia yang terbilang unik namun sudah susah dicari. Tertarik untuk mencicipinya? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.