Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sayur memang selalu dijadikan sebagai bahan dalam masakan. Begitu juga pada masakan Korea yang kebanyakan sayuran diolah menjadi sajian berupa sup.

ENDEUSiast gemar menyantap kuliner khas Korea? Rasanya banyak sajian ala korea yang pas di lidah orang Indonesia seperti misal kimchi atau tteokbokki yang sering kita temukan di restoran Indonesia. Ternyata, tidak hanya kedua menu saja yang populer, masih banyak masakan khas korea lainnya yang patut untuk dicoba seperti sup tradisional ala Korea. Di negeri gingseng ini ada banyak varian sup yang terbuat dari aneka sayur-sayuran, Apa saja jenis supnya? Mari kita lihat ulasannya dibawah ini.

1/ Dongtae JJigae

Sajian khas korea yang satu ini terbuat dari bahan ikan pollock , tahu dan beragam sayuran seperti tauge, lobak putih dan daun bawang. Semua bahan tersebut diolah menjadi satu dan dimasak bersama dengan kuah kaldu ikan sampai matang. Untuk memberikan rasa yang sempurna pada masakan kuah khas Korea ini maka diberikan mahkota bunga aster dan daun krisan. Jika dilihat sekilas, tampilannya hampir mirip dengan masakan Indonesia yaitu ikan tongkol kuah pedas.

2/ Doenjang Jjigae

Doenjang jjgae merupakan salah satu jenis sup tradisional Korea yang bahan utamanya menggunakan doenjang . Doenjang merupakan pasta yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai. Untuk membuat doenjang , bahan utamanya dimasukkan ke dalam kuah kaldu lalu tambahkan cabai, tahu dan jamur serta berbagai sayuran seperti lobak dan mentimun. Untuk penyajiannya, doenjang jjigae akan diletakkan pada wadah berupa mangkuk keramik atau biasa disebut dengan ttukbaegi .

3/ Galbitang

Bagi yang suka dengan masakan pedas maka akan cocok bila menyantap sup khas Korea yang satu ini. Namanya adalah galbitang yang merupakan sup dengan bahan utamanya menggunakan daging sapi yang direbus terlebih dahulu. Air rebusan kaldu daging sapi pun masih tetap dipakai dalam masakan galbitang ini. Tidak lupa untuk menambahkan sayuran yaitu lobak dan bila mau bisa juga ditambah dengan beragam sayuran lainnya.

Untuk rasa pedasnya didapat dari cabai yang juga dimasukkan dalam air rebusan kaldu. Sebagai campuran lainnya, bisa juga tambahkan udon atau jamur agar tekstur dari masakan tersebut lebih beragam. Galbitang akan terasa lebih lengkap bila disajikan bersamaan dengan kimchi dan nasi hangat.

4/ Gomtang

Masakan gomtang terbilang cukup sederhana bila dibanding jenis sup tradisional khas korea lainnya. Dikatakan sederhana karena pada proses pembuatannya hanya dibutuhkan 3 bahan utama yaitu buntut sapi, daun bawang dan garam. Walau merupakan masakan sederhana tetapi gomtang cukup digemari oleh masyarakat korea.

Dari beberapa sup tradisional diatas, manakah yang akan ENDEUSiast coba ketika berkunjung ke Korea Selatan?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.