Merica adalah salah satu rempah yang kerap digunakan untuk berbagai masakan. Tak hanya digunakan dalam sajian, air merica juga bermanfaat untuk tubuh.

Sebagai salah satu rempah populer, merica memang paling banyak digunakan untuk penyedap masakan seperti sup , soto, tumis, dan sebagainya. Memang ada beberapa minuman yang menggunakan merica seperti saraba dan sebagainya. Meskipun belum terlalu populer, ternyata air merica memberikan banyak manfaat.

Merica mengandung rasa pedas, hangat, pahit, dan juga antipiretik di dalamnya. Cara membuat air merica juga sangat mudah yaitu dengan mencampur 2 sendok teh lada hitam ke dalam 2 gelas air kemudian didihkan dan minum air rebusannya setiap hari.

1/ Menambah Energi

Air lada bermanfaat untuk menambah energi tubuh ketika musim kemarau meskipun sedang berkeringat. Suhu yang panas akan membuat tubuh merasa lelah dan tidak bersemangat. Minum air merica akan memberikan tubuh energi untuk kembali beraktivitas serta memperbaiki metabolisme dan sistem tubuh.

2/ Mencegah Dehidrasi

Ketika kemarau, tenggorokan rentan menjadi kering dan tubuh mudah dehidrasi. Namun air merica bisa membantu mencegah dehidrasi bila diminum satu gelas ketika bangun tidur.

3/ Membantu Menurunkan Berat Badan

Merica mempunyai rasa pedas yang alami. Rasa pedas ini membantu membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat. Kalau kamu sedang berjuang menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi air merica sehingga kalori bisa berkurang lebih cepat.

4/ Detoks Alami

Selain membantu menurunkan berat badan, air merica juga membantu tubuh untuk detoks alami. Air merica ini bermanfaat untuk mengurangi racun kotoran dari tubuh. Bila rutin dikonsumsi, air merica bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga kamu tidak mudah sakit dan tetap bisa beraktivitas secara maksimal.

5/ Memperbaiki Tekstur Kulit

Siapa sangka bila air panas yang dicampur dengan merica hitam bubuk bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit. Minuman ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dari dalam pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum sehingga kulit menjadi bersih dan sehat.

Selain dengan cara merebus merica butiran ataupun mencampur merica bubur dengan air panas, kamu juga bisa mencampur merica dengan susu. Untuk susu merica, kamu perlu mencampurkan cengkeh agar manfaatnya lebih banyak.

Minum susu merica juga mempunyai banyak manfaat diantaranya mengatasi migrain karena meningkatkan aliran oksigen ke otak. Selain itu, susu merica juga membantu meredakan flu, mengobati tenggorokan sakit, mengurangi infeksi, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk membuat susu merica ini, kamu bisa menghaluskan beberapa butir merica dan cengkeh, kemudian campurkan dalam segelas susu hangat dan siap dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.