Bakso goreng adalah salah satu makanan yang sedang booming. Ikuti beberapa tips ini agar bakso goreng bisa kopong dan tidak kisut.

Bakso goreng adalah salah satu makanan dengan rasa renyah, kenyal, dan empuk yang membuat ketagihan. Yang unik dari bakso goreng ini adalah bagian dalamnya yang kopong namun tetap berbentuk bulat sempurna. Meskipun namanya sama, namun adonan bakso goreng ini ternyata berbeda dengan bakso biasa. Membuat bakso goreng memang tricky karena kesalahan sedikit, bisa membuat bakso tidak kopong dan kisut setelah dingin. Berikut ini adalah beberapa tisp membuat bakso goreng yang kopong dan tidak kisut.

1/ Gunakan Daging Dingin

Daging yang digunakan untuk bakso (biasa dan goreng) dan pempek harus menggunakan daging yang dingin. Tidak harus daging beku, namun suhu daging harus dingin. Hal ini membuat tekstur bakso menjadi kenyal dan tidak lembek. Untuk menjaga suhu daging, ENDEUSiast bisa menambahkan es batu atau air es ketika menggiling adonan.

2/ Tambah Baking Powder

Salah satu rahasia bakso goreng yang kenyal dan empuk adalah pengambahan baking powder. Baking powder ini berfungsi sebagai pengenyal yang membuat tekstur bakso menjadi renyah dan kenyal. Gunakan kira-kira setengah sendok teh baking powder ke dalam adonan bakso. Jangan menggunakan terlalu banyak karena bisa menimbulkan rasa pahit pada bakso.

3/ Komposisi Bahan

Sama seperti membuat bakso biasa, komposisi bakso goreng juga harus pas. Perbandingan antara tepung, daging, dan bumbu harus pas. Terlalu banyak tepung daripada daging bisa membuat bakso menjadi keras. Sebaliknya terlalu banyak daging daripada tepung akan membuat bakso menjadi empuk dan lembek.

4/ Mengadoni Bakso

Agar tekstur bakso menjadi kopong setelah digoreng, bakso harus diadon ketika dalam keadaan dingin. Segera setelah digiling, uleni bakso bersama tepung, telur, dan bumbu hingga kalis. Bila perlu banting-banting adonan beberapa kali agar teksturnya kenyal. Dengan cara ini adonan akan menghasilkan bakso yang garing dan kenyal.

5/ Goreng Bakso dengan Benar

Salah satu kunci keberhasilan bakso goreng terletak pada teknik menggorengnya. Goreng bakso dalam minyak dengan panas sedang. Jangan menggoreng bakso dalam minyak yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng hingga permukaan bakso terendam minyak.

Selama menggoreng, bakso harus selalu diaduk dengan punggung sendok kayu atau sutil sehingga bakso bisa matang merata dan bagian dalamnya kopong. Bila ingin bakso yang benar-benar kopong atau berongga, bakso bisa digoreng agak sedikit lama dengan api yang kecil. Bakso yang digoreng belum matang betul, permukaannya akan keriput ketika sudah dingin. Namun bila terlalu matang, tekstur bakso bisa menjadi keras.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.