Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Jangan panik bila masakan terlalu pedas, perbaiki dengan cara ini

Masakan pedas adalah salah satu ciri khas masakan Indonesia. Meskipun begitu tingkat kepedasan orang Indonesia juga berbeda-beda. Ada yang tahan dengan pedas dan ada yang tidak. Biasanya orang yang tidak tahan pedas akan panik ketika masakan menjadi terlalu pedas. Masakan yang terlalu pedas memang kurang nikmat bila disantap. Namun tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara memperbaiki makanan yang terlalu pedas.

1/ Tambahkan Produk Susu atau Santan

Produk olahan susu dan santan sudah lama dipercaya bisa menurunkan rasa pedas. Kamu bisa menggunakan produk susu atau santan dalam keadaan segar ataupun menggunakan produk olahan susu seperti krim atau yogurt. Untuk mengurangi rasa pedas, kamu bisa menambahkan santan dan susu dalam jumlah secukupnya hingga rasa pedas berkurang. Setelah ditambahkan, aduk santan atau susu dan tunggu hingga mendidih namun jangan sampai pecah.

2/ Tambahkan Gula

Selain menyeimbangakn rasa pada masakan, gula juga bisa mengurangi rasa pedas yang menyengat, Anda bisa menggunakan gula pasir, gula merah, ataupun madu untuk menambahkan rasa manis sehingga rasa pedas bisa berkurang. Kalau kamu tidak terlalu suka makanan dengan cita rasa manis, sebaiknya tambahkan gula sedikit demi sedikit sehingga rasa pedas berkurang. Selalu cicipi masakan setelah menambahkan gula agar rasa masakan tidak berubah menjadi dominan manis.

3/ Tambahkan Cairan Asam

Siapa sangka bila rasa asam juga bisa membantu mengurangi rasa pedas pada masakan. Kamu bisa menambahkan air asam jawa atau perasan jeruk nipis ke dalam masakan yang dirasa terlalu pedas. Rasa asam ini bisa menutup rasa pedas dan tidak mengurangi rasa utama pada masakan asal ditambahkan dalam jumlah yang cukup. Cairan asam ini bisa ditambahkan untuk sayur asam ataupun sup ikan dan sup ayam .

4/ Tambahkan Bahan yang Digunakan

Salah satu cara yang paling umum untuk mengurangi rasa pedas pada masakan adalah dengan menambahkan lebih banyak bahan. Penambahan bahan pada masakan bisa mengurangi rasa pedas. Namun kamu harus siap bila porsi masakanmu menjadi lebih banyak. Jenis bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan masakan yang dibuat misalnya masakan sup, kamu bisa menambahkan potongan wortel, brokoli, dan lainnya.

5/ Sajikan dengan Makanan Lain

Bila masakan sudah matang dan masih terlalu pedas, kamu bisa menyiasatinya dengan makanan pendamping yang lain. Sajian masakan yang terlalu pedas dengan masakan pendamping seperti nasi, roti, atau olahan tepung yang lain. Makanan tersebut mempunyai rasa yang cenderung netral sehingga bisa membantu mengurangi rasa pedas pada masakan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.